TENTANG

Kabar Buruh hadir untuk memberikan satu informasi perburuhan yang bukan hanya berbasiskan pada berita tentang perburuhan. Bukan hanya itu, Kabar Buruh juga ingin memberikan berbagai pengetahuan kepada masyarakat luas tentang berbagai hal yang berhubungan dengan perburuhan.

Kami lahir di dunia maya tepat pada tanggal 1 Mei 2015. Sebuah tanggal yang sakral bari kaum buruh, kelas pekerja. Dimana buruh di seluruh dunia memperingati hari besar mereka, hari besar yang menempatkan buruh pada satu titik yang diperhitungkan oleh dunia. Satu titik ketika buruh menunjukan kekuatan besarnya, yang kemudian mewariskan konsepsi 8 jam kerja, 8 jam istirahat dan 8 jam rekreasi.

Kehadiran kami ke dalam dunia media online diharapkan juga mampu memberikan warna yang berbeda dari berbagai media online yang telah lebih dahulu lahir dan menyapa masyarakat. Usia yang masih relatif muda menyadarkan kami bahwa apa yang kami berikan belum dapat dibandingkan dengan para pendahulu yang telah mapan dalam dunia online.

Jurnalisme Kabar Buruh adalah jurnalisme warga (buruh). Bagi buruh dari kalangan manapun dan dari manapun, baik yang berserikat ataupun individu, kami berikan kesempatan untuk memberikan berbagai informasi kepada kami tentang apa yang dialami, yang dilihat, dan yang mungkin akan terjadi.

Karena bukan hanya sekedar informasi dalam bentuk berita, tapi juga berupa pengetahuan. Maka apa yang kami hadirkan dalam berbagai rubrikasi yang juga bertujuan untuk mencerdaskan kaum buruh, mengetahui apa yang menjadi hak-hak buruh, serta memberikan kesadaran yang luas tentang apa itu buruh.

Harapan terbesar kami dan menjadi tujuan jangka panjang adalah menjadikan Kabar Buruh sebagai sebuah portal berita perburuhan, sekaligus menjadi situs rujukan bagi siapapun yang ingin mengetahui tentang perburuhan di Indonesia.

Semua hal tersebut tentu tak akan mampu kami capai dalam waktu singkat atau hanya dengan mengandalkan tenaga dan pikiran kami saja. Untuk itu kami membuka pula kepada serikat buruh, lembaga, pemerintah, atau pihak manapun untuk membangun kerjasama, atas dasar kebutuhan yang saling memberikan manfaat antar pihak.

Selamat membaca, selamat datang di Kabar Buruh.


Redaksi Kabar Buruh

Pemimpin Redaksi: Alfa Gumilang

Editor: Aditya Purnomo, Indra Gunawan

Layout dan Desain: Zulvan Kurniawan, Fariz

Fotografer dan Video : Faisal Bustamam, Muhammad Sendy

Reporter: Moh Jumri, Yuda Ramdan, Anggi Ria Santi, Aprelia Amanda, Miftah Irfan

Penerjemah: Veronica Iswinahyu

 


Kontak Kami

Jl. Masjid Baru No. 25c RT 007 RW 001 Pejaten Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 12510

Telp/Fax: 021-7943800
Email: [email protected]
Fanpage: Kabar Buruh
Twitter: @KabarBuruh
Redaksi Kabar Buruh menerima berbagai tulisan, baik dalam bentuk opini, esai, feauture, rilis berita atau berbagai informasi lainnya yang berhubungan dengan perburuhan. Tulisan dapat dikirim melalui email [email protected].