27 April 2017, 1.000 Buruh Konfederasi Serikat Nasional Gelar Aksi Pra-May Day

Jakarta – Konfederasi Serikat Nasional (KSN) berencana akan melakukan aksi massa pada Kamis, 27 April 2017 sebagai momen persiapan perayaan Hari Buruh Internasional. Aksi tersebut merupakan rangkaian aksi pra-May Day oleh KSN yang dilaksanakan di Jakarta.

Aksi pra-May Day yang digelar oleh KSN akan berlangsung di empat titik lokasi yang berbeda, yaitu di Kementerian BUMN, Kantor BPJS Ketenagakerjaan, Kementerian Ketenagakerjaan, dan Kantor KFC Pusat MT-Haryono. Berbagai tuntutan yang dibawa KSN dalam aksi pra-May Day ini dirangkum dalam tema, “Berikan Upah Layak bagi Buruh dan Wujudkan Perlindungan Sosial yang Transformatif.”

Adapun menakar poin dari berbagai tuntutan tersebut, berupa cabut Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan, tolak berbagai aturan seperti outsorcing, dan menolak Revisi Undang-Undang Ketenagakerjaan, serta menolak privatisasi aset negara.

Menurut Hermawan, Sekretaris Nasional KSN, aksi yang dilakukan kali ini merupakan pemanasan aksi sebelum perayaan Hari Buruh Internasional yang jatuh pada 1 Mei 2017. Di mana massa aksi yang terlibat berasal dari serikat buruh dan federasi anggota serikat KSN di berbagai daerah.

“KSN akan melakukan aksi pra-May Day sebagai bentuk pemanasan menjelang aksi hari buruh internasional. Massa buruh yang terlibat berasal dari Tangerang, Bandung, Surabaya dan wilayah lainnya,” kata Hermawan.

Sementara itu, ada berbagai organisasi yang dipastikan akan terlibat bersolidaritas dalam aksi tersebut, antara lain Serikat Maintanance Jabodetabek (SMJ), Serikat Mahasiswa Progresif UI (Semar UI), Partai Rakyat Pekerja Komite Kota Jakarta (PRP Jakarta) dan Konfederasi Pergerakan Rakyat Indonesia (KPRI).

Hermawan juga mengatakan estimasi massa aksi kali ini berjumlah 1.000 orang, dan selanjutnya dari basis KSN juga akan terlibat dalam aksi aliansi bersama jaringan serikat buruh di masing-masing daerah setelah aksi pra-May Day.

“Estimasi massa ditargetkan berjumlah 1.000 orang. Setelah itu KSN juga akan melakukan aksi aliansi bersama jaringan organisasi di berbagai daerah basis anggota. KSN tidak menutup kemungkinan akan kembali melakukan aksi di Jakarta pada tanggal 1 Mei bersama aliansi dan jaringan organisasi dengan tuntutan yang sudah dibawa sebelumnya,” tutup Hermawan. (roz)

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]