Buruh KASBI Sumsel Gelar Aksi Prakondisi Jelang May Day

Sumsel – Jelang Hari Buruh Internasional (May Day), yang jatuh pada 1 Mei mendatang, puluhan buruh dari Konfederasi Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) Wilayah Sumatra Selatan, melakukan aksi pra-May Day. Mereka membagikan selebaran di pabrik dan di jalan raya yang berada di Wilayah Palembang, Kamis (20/4/2017).

Dalam aksi prakondisi tersebut, para buruh mengkampanyekan serta mengajak masyarakat terutama pengguna jalan agar ikut merayakan hari kemenangan buruh sedunia yang jatuh pada 1 Mei. May Day bagi benyak buruh merupakan “hari raya” kaum buruh, sebagai peringatan atas perjuangan jam kerja selama 8 jam per hari.

Menurut Danang Sutra Wijaya, Ketua Wilayah Buruh KASBI Sumatra Selatan, hari buruh merupakan momentum perjuangan, dan perlawanan bagi kaum buruh terhadap penguasa yang menindas. “Sejarah panjangnya mengajarkan kepada kita bahwa perbaikan nasib buruh ada pada perjuangan kaum buruh itu sendiri, bukan dari kebaikan kaum majikan ataupun pemerintah,” ujarnya kepada reporter Kabar Buruh.

Tidak hanya itu, aksi membagikan selebaran ini juga ditujukan sebagai bentuk penyadaran terhadap rakyat akan pentingnya merebut kesejahteraan”Hal ini tentu menjadi momentum bagi kita dalam menyuarakan aspirasi khususnya kaum buruh. Selain itu, dalam May Day nanti, ita juga akan melakukan aksi di depan Kantor Gubernur Semsel,” ujar Danang saat dihubungi via seluler.

Setelah membagikan selembaran di jalan dan pabrik, kemudian massa aksi melakukan orasi dan konvoi di sekitar kota Palembang. Aksi pra-May Day juga dilakukan di empat Kabupaten di Sumatera Selatan, antara lain di Kabupaten Ogan Komering Ilir, Kabupaten Ogan Ilir, Kabupaten Banyu asin dan Kabupaten Musi banyu asin. (jum)

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]