GSBI Bekasi Raya Gelar Aksi Prakondisi Jelang May Day

Bekasi — Walaupun Kementerian Ketenagakerjaan telah mengeluarkan surat edaran yang menghimbau peringatan Hari Buruh Internasional dilakukan dengan kegiatan selain aksi unjuk rasa, namun sejumlah serikat buruh tetap akan melakukan aksi pada tanggal 1 Mei 2017 nanti.

Berbagai rangkaian aksi pra-May Day juga telah dilakukan oleh berbagai serikat buruh, salah satunya dilakukan oleh Gabungan Serikat Buruh Indonesia (GSBI) di wilayah Bekasi yang melakukan aksi unjuk rasa jelang May Day, kemarin (18/4/2017).

Aksi ini dilakukan GSBI Bekasi Raya yang menilai hingga hari ini masih banyak persoalan perburuhan, khususnya di wilayah Bekasi Raya. “Politik upah murah, sistem kerja jangka pendek seperti sistem kerja kontrak dan outsoursing, hingga pemagangan yang makin masif di wilayah Bekasi,” demikian tulis GSBI Bekasi Raya dalam siaran persnya.

Dalam pernyataannya, GSBI Bekasi Raya juga mengajukan berbagai tuntutan perburuhan. Di antaranya adalah desakan kepada pihak Disnaker dan pihak kepolisian untuk melakukan pemeriksaan atas dugaan tindak pidana perburuhan di PT Sungintex.

Isu lain yang juga diangkat adalah pencabutan Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan. Aturan ini menjadi salah satu aturan yang mendapatkan banyak protes dari berbagai kalangan serikat buruh.

Penghapuskan sistem buruh kontrak dan outsourcing, dan perlindungan bagi buruh untuk berserikat, adalah isu lain yang juga disuarakan. Tak ketinggalan tuntutan pengusutan tindakan kekerasan yang dilakukan oleh aparat kepolisian Tangerang Kota dan pemberikan sanksi yang tegas kepada aparat yang melakukan penamparan kepada buruh dalam aksi buruh Tangerang pada tanggal 9 April 2017 lalu.

Dalam aksi yang dilakukan di depan PT. Sungintex Sioen Indonesia, menekankan tuntutan kebebasan berserikat, lantaran PT Sungintex di duga melakukan pemberangusan serikat buruh SBGTS-GSBI PT Sungintex. “Di mana sejak dideklarasikannya serikat buruh, hingga saat ini PHK sepihak berantai dilakukan terhadap para pimpinan serikat buruh SBGTS-GSBI PT Sungintex, ujar Abrori koordinator aksi ketika aksi. (jum)

Usai melakukan aksi di depan PT Sungintex, puluhan massa aksi buruh kemudian melanjutkan aksinya ke Kantor Disnaker kota Bekasi.

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]