Keppres Nomor 10 Tahun 2017, Tetapkan 19 April 2017 Sebagai Hari Libur di DKI Jakarta

Jakarta – Presiden Joko Widodo telah menetapkan esok, 19 April 2017 sebagai hari libut kerja khusus di wilayah DKI Jakarta, Melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 10 Tahun 2017 tentang Hari Pemungutan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Tahun 2017 Putaran Kedua, Sebagai Hari Libur di Provinsi DKI Jakarta.

Keppres tersebut telah dikeluarkan oleh Jokowi sejak tanggal 13 April 2017 lalu, untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya pada Pilkada DKI Jakarta Putaran Kedua.

“Menetapkan hari Rabu tanggal 19 April 2017 sebagai hari libur di Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta dalam rangka pemungutan suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Tahun 2017 Putaran Kedua,” demikian bunyi Keppres tersebut.

Keputusan tersebut mengingat berdasarkan Pasal 84 ayat (3) Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota Menjadi Undang-Undang sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016, pemungutan suara dilakukan pada hari libur atau hari yang diliburkan.

Sebelumnya pada Pilkada DKI Jakarta putaran pertama yang berlangsung pada tanggal 15 Februari 2017, Presiden Jokowi juga menerbitkan Keppres Nomor 3 Tahun 2017 tentang Hari Pemungutan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2017 sebagai Hari Libur Nasional.

Namun berbeda dengan Keppres sebelumnya, dalam Keppres kali ini, pemerintah hanya menetapkan Provinsi DKI Jakarta saja yang mendapatkan libur pada tanggal tersebut, karena Pilkada hanya akan berlangsung di Jakarta. (idr)

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]