SPSI KEP Kota Tangerang Kembali Gelar Aksi Pra-May Day

Banten – Serikat Pekerja Seluruh Indonesia sektor Kimia Energi dan Pertambangan (SPSI KEP) Kota Tangerang pimpinan H. Suhodo Kismosarjono SH, hari ini kembali melakukan aksi keliling kasawan di Tangerang sebagai bagian dari konsolidasi buruh menuju peringatan Hari Buruh Sedunia, 1 Mei 2017.

Dalam aksi pra-May Day kali kedua in, SPSI KEP menyasar kawasan industri di wilayak Legok, Pandeglang, hingga ke Curug. Menurut salah seorang peserta aksi, Subroto, pemilihan lokasi ini dikarenakan daerah tersebut masih jarang tersentuh oleh serikat pekerja dan masih banyak berbagai persoalan ketenagakerjaan.

“Wilayah Legok dan sekitarnya memang jarang tersentuh oleh serikat, sehingga masih banyak pelanggaran hak normatif buruh di sana. Misalkan saja masalah jam kerja yang sampai 12 jam per hari tanpa dihitung lembur, atau buruh yang belum diikutsertakan di BPJS Ketenagakerjaan oleh perusahaan,” ujar Broto kepada Kabar Buruh.

Massa aksi yang berjumlah sekitar 100 orang mulai berkumpul di pertigaan Dasim di dekat PT LG pada pukul 10.00 WIB. Mereka menggunakan motor untuk konvoi dan satu mobil komando sebagai tempat orasi dan menyerukan kepada buruh untuk ikut serta dalam aksi May Day 2017 nanti.

Aksi tersebut dipimpin oleh Achmad Fauji yang di beberapa titik meminta massa untuk menghentikan perjalanan dan melakukan orasi. Seperti ketika berhenti di PT Shin Sheong, di depan perusahaan massa aksi menerikan berbagai pelanggaran normatif seperti upah yang dibayar per hari dan status kerja training yang dilanjutkan ke kontrak.

Sampai berita ini diturunkan, massa aksi dari SPSI KEP Tangerang masih bergerak melakukan sosialisasi dan seruan aksi pada May Day 2017. Sedianya aksi akan disudahi pada pukul 15.00 WIB di kawasan PT Adis, Tangerang. (gum)

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]