Buruh Bongkar Muat Pelabuhan Tanjung Perak Mogok Kerja

Surabaya – Ratusan tenaga kerja bongkar muat yang bekerja di palabuhan Tanjung Perak, Surabaya sejak kemarin melakukan aksi di Dermaga Jamrud Selatan. Aksi mereka tersebut dilakukan lantaran para buruh bongkar muat tidak lagi dapat bekerja di pelabuhan lagi akibat dari penerapan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) No 152 tahun 2016 tentang Penyelenggaraan dan Pengusahaan Bongkar Muat Barang Dari dan ke Kapal.

Terhitung sejak tanggal 1 Maret 2017, kapal Roll on Roll off (RoRo) yang bersandar di Pelabuhan Tanjung Perak, termasuk Dermaga Jamud, sudah tidak dilayani oleh para buruh bongkar muat itu lagi. Peraturan itu dianggap telah menghilangkan pekerjaan dari para buruh bongkar muat, dan mereka meminta agar pemerintah meninjau kembali peraturan tersebut karena merugikan.

Dalam Permenhub tersebut disebutkan bahwa kegiatan usaha bongkar muat barang dilakukan oleh pelaksana kegiatan bongkar muat yang terdiri atas: perusahaan bongkar muat; perusahaan angkutan laut nasional; dan badan usaha pelabuhan yang telah memperoleh konsesi.

“Kami melakukan aksi mogok kerja selama tiga hari. Hari ini, esok, dan lusa,” ujar Ketua PUK SPMI TKBM Tanjung Perak, Abdussalam, kepada wartawan, Selasa (4/4/2017).

Ia mengatakan bahwa tenaga kerja bongkar muat bukanlah pekerja liar, ia mengaku memiliki isin di Dermaga Jamrud. Para buruh mengancam akan melakukan aksi mogok kerja di semua lini pelabuhan jika aspirasi mereka tak didengarkan. “Kalau permintaan kami tak didengar, kami akan mogok kerja di Teluk Lamong, Mirah, Berlian, dan Jamrud,” protesnya.

Dalam Permenhub 152 tahun 2016 juga menyatakan meniadakan tenaga kerja bongkar muat untuk kapal RoRo. Namun dalam beberapa kali perundingan antara buruh dengan pihak kapal RoRo tak menemui titik temu, pasalnya operator RoRo hanya bersedia mempekerjakan dua orang buruh bongkar muat saja. Sementara dari pihak buruh menginginkan enam orang. (jum)

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]