Jelang May Day, Disnaker Makassar Ajak Serikat Buruh Berkoordinasi

Makassar — Setiap tahun Hari Buruh Sedunia diperingati oleh seluruh kaum buruh yang ada di dunia, termasuk di Indonesia. Peringatan yang lebih dikenal degan sebutan May Day, juga dirayakan di kota Makassar. Serikat buruh di Makassa bahkan sudah mulai melakukan konsolidasi untuk menyambut 1 Mei nanti.

Tahun ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya, di mana tahun ini sejumlah serikat buruh yang ada di kota Makassar diberikan kebebasan oleh pemerintah, dalam hal ini disnaker kota Makassar untuk memperingati hari buruh sedunia. Hal ini langsung disampaikan oleh Sirajuddin, selaku sekretaris Dinas Tenaga Kerja Kota Makassar kepada para pimpinan organisasi serikat buruh yang hadir dalam rapat sore, 30 Maret 2017.

“Untuk tanggal 1 Mei nanti, kami memberikan kebebasan kepada setiap serikat buruh untuk berekspresi pada peringatan hari buruh,” tutur Sirajuddin kepada serikat buruh yang hadir dalam rapat.

Statemen yang dikeluarkan oleh sekretaris Disnaker kota Makassar tersebut mendapat tanggapan dan pertanyaan dari perwakilan KSPSI, Isnaini. Ia meminta pertanggungjawaban dari pihak Disnaker selaku panitia hari buruh apabila pada tanggal 1 Mei nanti ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

“Yang ketua panitia kan kepala Disnaker kota, jadi jika hal-hal yang tidak di inginkan, apakah kepala dinas akan bertanggung jawab?” tanya Isnaini kepada pimpinan rapat yang kemudian tidak di tanggapi oleh sekretaris Disnaker kota selaku pimpinan rapat.

Salah satu hasil rapat koordinasi tersebut adalah akan diadakannya kembali sebuah dialog tentang ketenagakerjaan, khususnya kondisi yang ada di Makassar. Sedianya dialog tersebut akan digelar pada tanggal 24 April 2017, dan juga akan mengadakan malam ramah tamah pada tanggal 3 Mei 2017 mendatang.

Rapat yang dipimpin langsung oleh sekretaris Disnaker kota Makassar itu dimulai pada pukul 15.00 sampai dengan 16.30 WITA. Dalam rapat tersebut membicarakan tentang pembentukan panitia untuk menyambut peringatan hari buruh sedunia mendatang.

Organisasi serikat buruh kota Makassar yang ikut dalam rapat tersebut seperti Gabungan Serikat Buruh Nusantara (GSBN), Federasi Serikat Perjuangan Buruh Indonesia (FSPBI), Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI), Konfederasi Serikat Pekeja Indonesia (KSPI) Sul-Sel, Federasi KAMIPARHO, Gerakan Serikat Buruh Mandiri (GSBMI), dan Kahutindo. (tam)

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]