SPSI KEP Kota Tangerang Pelopori Aski Pra-May Day

Tangerang – Serikat Pekerja Seluruh Indonesia sektor Kimia, Energi, Pertambangan (SPSI KEP) Kota Tangerang, mempelopori aksi prakondisi menuju peringatan Hari Buruh Sedunia atau May Day. Aksi tersebut digelar hari ini mengelilingi berbagai kawasan industri di Tangerang, dengan melibatkan sekitar 150 orang anggotannya.

Aksi pra-May Day tersebut digelar di bawah pimpinan H Suhodo Kismosarjano SH dan korlap aksi Febriyan. Dimulai dari kawasan Batu Ceper Tangerang hingga kawasan Dadap Kosambi. Di beberapa titik aksi seperti di kawasan pergudangan VII Dadap, korlap aksi menghentikan konvoi motor dan mobil untuk melakukan orasi.

Dalam aksi tersebut, para buruh menyerukan kepada masyarakat, khususnya buruh untuk mempersiapkan diri dalam aksi May Day tahun 20-17. Peringatan May Day dengan aksi dianggap penting oleh buruh karena hari ini kesejahteraan kaum belum terwujud. “Kesejahteraan buruh bukanlah hadiah atau kebaikan kaum kapitalis. Hal ini terbukti dengan sejarah panjang May Day yang mengorbankan darah, bahkan nyawa kaum buruh,” ujar Adrian Sevrianto, peserta aksi ketika dihubungi oleh Kabar Buruh.

SPSI KEP Kota Tangerang menilai bahwa tidak selayaknya momentum May Day diperingati dengan bagi-bagi door price, jalan santai atau bahkan konser dangdut gerobak dorong, mengingat masih banyak masalah kaum buruh yang harus dihadapi. “Mulai dari pemagangan, outsourcing sampai PHK tanpa alasan jelas,” sambungnya.

Tuntutan lain yang mulai disuarakan dalam aksi pra-May Day tersebut adalah nasionalisasi aset asing menuju negara berdaulat, bangun BUMN untuk mengelola SDA demi kemakmuran rakyat, stop kekerasan dan kriminalisasi gerakan rakyat, stop pemberangusan serikat, stabilkan harga bahan pokok, hentikan penggusuran tanah rakyat, wujudkan upah layak nasional, hukum berat dan miskinkan para koruptor penghisap kesejahteraan rakyat, cabut Permenaker No.36/2016 tentang Pemagangan, dan hentikan diskriminasi dan kekerasan terhadap buruh perempuan.

Aksi yang dimulai sejak siang tersebut disudahi pada pukul 17.00 WIB di kantor PC SPSI KEP Arcadia. Sedianya aksi serupa juga akan kembali digelar oleh SPSI KEP Kota Tangerang pada tanggal 6 April 2017 dan pada tanggal 19 April 2017. (gum)

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]