Ketua KPBI Jawa Barat Serukan Kaum Buruh untuk Berani dan Terus Berjuang

Karawang – Pada tanggal 26 Maret 2017 lalu, bertempat di Rumah Makan Alam Ceria, Karawang, Jawa Barat, Konfederasi Perjuangan Buruh Indonesia (KPBI) menggelar Konferensi Wilayah KPBI Jawa Barat. Dalam konferensi tersebut menghasilkan pembentukan struktur organisasi dan juga berbagai program kerja KPBI di wilayah Jawa Barat.

Setelah berlangsungnya Kongres Persatuan KPBI pada tahun lalu, Konferwil KPBI Jawa Barat merupakan konferensi pertama yang digelar di tingkat provinsi. Diikuti oleh sekitar 5 federasi serikat buruh anggota KPBI dan 120 delegasi, konferensi wilayah Jawa Barat diharapkan menjadi inspirasi bagi penyelenggaraan konferensi serupa di wilayah lain.

Asep Saepullah selaku ketua panitia konferensi menyatakan bahwa kesuksesan penyelenggaraan konferensi tak lepas dari semangat dan partisipasi dari seluruh federasi anggota KPBI. Dengan terbentukanya struktur dan program kerja, diharapkannya KPBI akan mampu memberi warna dan menjadi bagian penting bagi perjuangan buruh di wilayah Jawa Barat.

Terpilih dalam konferensi tersebut adalah Ahmad Jaelani dari FSP2KI sebagai Koordinator KPBI Wilayah Jawa Barat, dan Ardiyansah dari FPBI sebagai wakilnya. Terpilihan kedua pimpinan tersebut dilakukan dengan mekanisme musyawarah untuk mufakat.

Terkait dengan program perjuangan KPBI Wilayah Jawa Barat, kepada Kabar Buruh, Ahmad Jaelani mengutarakan bahwa hal utama yang penting untuk dilakukan oleh gerakan buruh adalah membangun dan memperkokoh persatuan buruh, khsusunya di wilayah Jawa Barat. Bahkan lebih jauh, buruh diharapkan mulai mengambil langkah untuk membangun kekuatan politiknya sendiri, untuk mempermudah perjuangan kaum buruh.

“Konsolidasi dan persatuan kaum buruh penting untuk melawan rezim berkuasa yang tak berpihak terhadap nasib kaum buruh. Buruh harus bisa ikut dalam menentukan regulasi yang menyangkut kaum buruh, untuk itu buruh harus punya alat politik sendiri,” jelasnya.

Ahmad Jaelani menilai bahwa kondisi buruh di Jawa Barat saat ini masih jauh dari kesejahteraan dan pemenuhan hak-hak buruh. Salah satu contoh yang disampaikannya adalah penetapan upah sektoral yang sampai saat ini belum menemui kata final.

Menindaklanjuti pascakonferensi, Ahmad Zaelani akan memprioritaskan kerja dalam jangka pendek untuk mengadaakan pertemuan dengan federasi-federasi yang tergabung dalam KPBI guna menyusun struktur kepengurusan KPBI Wilayah Jawa Barat. “Dalam konferensi kemarin hanya dipilih ketua dan wakil, selanjutnya kami akan penuhi dulu struktur lainnya untuk dapat segera melakukan kerja-kerja organisasi,” ucapnya.

Dalam penutup wawancara, ia menyampaikan pesan kepada buruh di Jawa Barat untuk tak lelah memperjuangkan hak-hak kaum buruh dengan keberanian dan keyakinan akan kemenangan. “Terus berjuang, berani berjuang, dan yakinlah pasti buruh akan menang,” tegasnya. (jum)

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]