SINDIKASI Gelar Diskusi K3 bagi Pekerja Media dan Industri Kreatif

Jakarta — Perkembangan tekhnologi dan informasi yang begitu cepat telah memunculkan industrialisasi baru seperti industri media dan industri kreatif. Dengan demikian, serapan tenaga kerja di industri tersebut juga mengalami peningkatan, khususnya di kota-kota besar dan menyerap tenaga kerja usia muda.

Merespon perkembangan tersebut, Serikat Pekerja Media dan Industri Kreatif untuk Demokrasi (SINDIKASI), mencoba memetakan berbagai masalah yang dihadapi oleh pekerja di kedua sektor itu melalui sebuah diskusi terbuka yang mengambil tema “Pekerja Media dan Industri Kreatif: Antara Dedikasi dan Kesehatan-Keselamatan Kerja”.

Persoalan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) mendapatkan perhatian tersendiri oleh SINDIKASI, lantaran masalah ini cukup jarang diketahui publik atau pekerja.

Jam kerja yang panjang, lembur tanpa kompensasi, minimnya perlindungan kesehatan dan jaminan sosial, hubungan kerja yang tak jelas, tingkat stres tinggi, dan ancaman kekerasan menjadi gambaran rentannya para pekerja media dan industri kreatif dalam keseharian kerjanya. Bahkan tak sedikit kasus akibat jam kerja yang panjang dan deadline, mengakibatkan kematian bagi pekerja karena kelelahan.

Menurut Ikhsan Rahardjo, salah satu panitia, dalam acara diskusi ini diharapkan mampu memetakan problematika pekerja media dan industri kreatif. Selain itu, diharapkan pula menghasilkan berbagai poin solusi bagi pemenuhan hak dari pekerja media dan industri kreatif.

“Masalah K3 jarang menjadi perhatian, bahkan pekerja di kedua sektor itu dianggap tak rentan. Padahal ancaman kesehatan dan keselamatan pekerja cukup tinggi. Belum lagi hubungan kerja yang tak jelas, membuat perlindungan bagi pekerja tak menjadi perhatian dari pemberi kerja,” ujarnya.

Acara diskusi itu sedianya akan dilangsungkan pada hari Kamis, 16 Maret 2017, pukul 15.00 sampai dengan 18.00 WIB di Gudang Sarinah Ekosistem, Jalan Pancoran Timur II nomor 4, Jakarta Selatan.

Pembicara yang dihadirkan dalam diskusi tersebut antara lain adalah Direktur PNKPA Kementerian Ketenagakerjaan, Ir. Amri AK, MM. Direktur LION Indonesia,Wiranta Yudha Ginting. Ellena Ekarahendy, anggota SINDIKASI yang juga seorang desainer grafis. Serta Yuliza, perwakilan dari pekerja film. (gum)

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]