Jokowi Ajak Korea Selatan Berinvestasi ke Sektor Industri Kreatif

Jakarta – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo hari ini membuka acara Indonesia-Korea Business Summit di Jakarta. Dalam pidato pembukaannya, Jokowi secara eksplisit mengundang pengusaha dari Korea Selatan untuk menanamkan modalnya di sektor industri kreatif di Indonesia.

Korea sendiri telah dikenal cukup produktif dan berkembang dalam hal industri kreatif, sementara di Indonesia geliat industi kreatif juga tengah menunjukan tren peningkatan. “Saya ingin mengundang para pengusaha Korea untuk berinvestasi di industri kreatif dan industri pariwisata,” katanya seperti diwartakan oleh antaranews.com.

Ia mengungkapkan bahwasanya pada saat ini, negara-negara di dunia tengah berada dalam tahap revolusi industri keempat yang mencangkup tekhnologi modern, seperti penggunaan robot, pesawat tanpa awak (drone), mobil otomatis tanpa sopir, sampai biotekhnologi.

Korea Selatan juga dinilainya akan dapat memainkan peran penting dalam perkembangan revolusi tekhnologi ke depan, sehingga tepat jika Korea hadir di Indonesia untuk mengembangkan dan berinvestasi di sektor tersebut. “Karena itu, ekonomi kita bergeser lebih kepada sektor jasa seperti pariwisata dan industri kreatif,” sambungnya.

Indonesia sendiri dipromosikan sebagai tempat yang aman dan cocok untuk industri kreatif, karena ditunjang dengan keragaman budaya, tradisi, atau kerajinan tangan yang sangat cocok untuk menciptakan industri kreatif dan aktivitas sosial.

Dalam dunia digital saat ini, Indonesia dengan jumlah penduduk yang sangat besar telah menjadi pengguna Facebook terbesar keempat di dunia. Sementara Ibukota Jakarta merupakan kota dengan keaktifan nomor satu di dunia dalam kicauannya di Twitter. “Masyarakat Indonesia dan Jakarta sangat suka berinteraksi sosial dan selanjutnya berinteraksi lewat media digital,” paparnya.

Dalam sejumlah riset, seperti dalam Konferensi ILO tingkat Asia Pasifik pada akhir tahun lalu, sektor industri yang berbasiskan tekhnologi dan digital dinilai memiliki potensi yang besar pada tahun-tahun mendatang. Begitu juga dengan peluang kerja dalam sektor ini juga dianggap memiliki ruang yang terbuka untuk dapat menyerap tenaga kerja usia muda yang kreatif.

Indonesia-Korea Business Summit dihadiri oleh lebih 500 peserta dari kalangan pengusaha asal Korea Selatan untuk mempromosikan peluang investasi Indonesia. Sejumlah sektor yang dipromosikan antara lain adalah sektor industri, pariwisata, energi dan ekonomi kreatif, manufaktur, gaya hidup, konektivitas dan teknologi informasi. (gum)

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]