Satu Anggota KASBI Ditangkap Saat Aksi Hari Perempuan Sedunia

Jakarta — Aksi peringatan Hari Perempuan Sedunia yang digelar oleh buruh dari Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) di pintu Monas Bundaran Patung Kuda Indosat sempat mengalami insiden. Satu orang anggota dari KASBI ditangkap oleh aparat kepolisian.

Peristiwa bermula pada pukul 15.00 WIB saat buruh berusaha merangsek keluar menuju Istana Negara. Namun aparat kepolisian menghalangi upaya buruh yang kemudian berujung dengan kericuhan. Satu orang anggota KASBI dari Karawang bernama Beni Indrawan, ditangkap oleh polisi.

Usai kericuhan, massa kemudian ditenangkan oleh korlap aksi. Sementara buruh yang ditangkap dibawa ke mobil polisi.

Selain dari KASBI, dalam aksi di Patung Kuda juga diikuti oleh Komite Aksi International Woman’s Day (IWD), dan Pokja Buruh Perempuan yang sebelumnya telah melakukan aksi di gedung DPR.

Dalam negoisasi antara pihak massa aksi dengan kepolisian, satu orang yang ditangkap akan dilepaskan oleh polisi namun yang bersangkutan tidak diperbolehkan untuk berada di lokasi aksi.

Massa aksi akhirnya tetap bertahan di Patung Kuda Indosat karena negosiasi dengan kepolisian untuk diperbolehkan aksi ke Istana Negara menemui jalan buntu. (gum)

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]