Buruh Perempuan Tuntut Ratifikasi Konvensi ILO Perlindungan Maternitas

Jakarta — Ratusan buruh perempuan yang tergabung dalam Pokja Buruh Perempuan, sejak pagi pukul 10.00 WIB melakukan aksi di depan gedung DPR/MPR, dalam memperingati Hari Perempuan Sedunia (International Woman’s Day), 8 Maret 2017.

Isu dan tuntutan besar yang disampaikan oleh Pokja Buruh Perempuan dalam aksinya adalah pengesahan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual, juga mendorong pengesahan RUU Pekerja Rumah Tangga.

Isu lain adalah pemenuhan hak-hak buruh perempuan, seperti hak cuti haid, cuti melahirkan, cuti keguguran, dan berbagai hak buruh perempuan lainnya. Mereka juga menyuarakan perihal pelecehan seksual yang masih banyak terjadi di tempat kerja.

Aksi para buruh perempuan selain membawa poster-poster aksi, mereka juga membawa kentungan yang terus dipukul sepanjang aksi. Juga pembacaan puisi dari para peserta aksi.

Dalam orasinya, mereka menyerukan persatuan buruh Indonesia untuk menuntut hak-hak buruh perempuan yang masih banyak belum dipenuh oleh pemerintah. “Diskriminasi terhadap buruh perempuan masih banyak terjadi. Dengan persatuan buruh perempuan, kita akan memperjuangkan tuntutan ini pada pemerintah,” ujar salah seorang buruh perempuan dari FPBI.

Sementara korlap aksi Jumisih dalam orasinya juga menyerukan kepada buruh laki-laki yang ikut dalam aksi hari ini untuk memberikan dukungan penuh kepada buruh perempuan dalam perjuangannya menggapai tuntutan.

Dilokasi yang sama, kelompok buruh lain dari Komite Perempuan Industry All yang juga melakukan aksi. Mereka menuntut agar DPR segera meratifikasi Konvensi ILO Nomor 183 tentang Perlindungan Maternitas.

“Masih banyak kawan-kawan kita yang dikontrak dan outsourcing masih banyak dipersulit ketika mengambil hak buruh perempuan. Maka pada Hari Perempuan Sedunia ini, kita jadikan sebagai momentum untuk mengusung tuntutan-tuntutan kita,” pekik korlap dari Komite Perempuan Industry All. (gur)

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]