Kemnaker Bentuk Tim Adhoc untuk Selesaikan Kasus Buruh PT Freeport

Jakarta – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Republik Indonesia, telah membentuk tim adhoc yang secara khusus menangani penyelesaiaan masalah perburuhan yang ada di PT Freeport Indonesia. Tim ini dalam waktu cepat akan melakukan penyelidikan dan memberikan laporannya kepada pemerintah.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M. Hanif Dhakiri yang mengungkapkan tentang pembentukan tim adhoc kasus Freeport sebagai bentuk dari upaya pemerintah untuk menyelesaikan persoalan yang ada dengan cepat dan agar pekerja PT Freeport Indonesia segera mendapatkan perlindungan.

“Saat ini mekanisme kerja dari tim adhoc masih dirumuskan. Sesegera mungkin, tim ini melaporkan kepada pemerintah. Yang penting dapat membantu persoalan agar cepat selesai, dan teman-teman buruh bisa mendapat perlindungan,” ujar Hanif Dhakiri, Kamis (2/3/2017).

Seperti diketahui bahwa persoalan perpanjangan izin PT Freeport yang masih dalam proses perundingan dengan pemerintah, telah menyeret para buruhnya sebagai pihak yang terpaksa harus menanggung beban dari perselisihan yang ada. Menaker mengimbau persoalan tersebut juga bisa diselesaikan melalui dialog anatara perusahaan dan serikat pekerja terkait.

“Kita minta pengusaha jangan ada PHK. Kalau perundingan masih berjalan, ya berunding terus. Jangan sampai Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) untuk menakut-nakuti pemerintah,” katanya seperti dikutip oleh kontan.co.id.

Adapun pembentukan tim adhoc tersebut dibentuk atas permintaan pihak serikat pekerja PT Freeport yang sudah menemui Menaker di kantor Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) RI Senin (27/2/2017). Pertemuan tersebut dimaksudkan untuk meminta pemerintah memberikan dan memperhatikan nasib para buruh Freeport.

Kemnaker sendiri menyatakan akan menindak tegas PT Freeport jika mengeluarkan kebijakan-kebijakan yang menyimpang dari aturan yang berlaku. Kemnaker juga terus mendorong agar PT FI juga mematuhi aturan terkait ketenagakerjaan yang ada. (gum)

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]