Dalam Perayaan Ultah KSPSI ke-44, Andi Ghani Sempat Menyinggung Masalah Buruh Freeport

Jakarta – Bertempat di Gedung Pertemuan Balai Sarbini, Jakarta, serikat buruh terbesar di Indonesia, Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), menggelar perayaan ulang tahunnya yang ke-44 (25/2/2017). Dalam acara perayaan tersebut, dihadiri oleh Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Hanif Dhakiri.

Dalam sambutannya di hadapan ratusan anggotanya, Ketua Umum KSPSI Andi Ghani menyinggung tentang polemik yang sedang hangat dibicarakan seputar rencana PT Freeport yang ingin melakukan pemutusan hubungan kerja, lantaran tak kunjung selesainya persetujuan perpanjangan kontrak eksploitasi tambang emas di Papua itu.

Andi Ghani meyakini bahwa Presiden Jokowi akan memperhatikan nasib buruh Freeport. “Kami berharap karyawan Freeport tidak dijadikan korban dalam perseteruan tersebut. Buruh pasti dalam posisi yang lemah, dan Freeport harus melindungi hak buruh,” ucap Andi Ghani.

KSPSI sendiri memiliki anggota sekitar 30 ribu yang bekerja di PT Freeport Indonesia dan berbagai perusahaan mitra Freeport. Ia juga mengatakan akan melakukan advokasi hukum atas polemik ini dengan menempuh cara melakukan dengar pendapat dengan DPR dan kementerian terkait.

Sementara itu, Menaker Hanif Dhakiri yang berkesempatan menyampaikan pidatonya lebih menyoroti perihal peranan serikat pekerja dalam perundingan dan negosiasi di tingkat perusahaan. Menurutnya, serikat pekerja harus kuat di dalam perusahaan, bukan di jalanan. “Di sinilah peran serikat pekerja dalam membela hak anggotanya,” ujar Hanif.

Dalam acara itu pula, Andi Ghani dan Hanif Dhakiri sempat menghibur peserta ulang tahun dengan menyanyikan lagu bersama. Bahkan Andi Ghani juga sempat bernyanyi bersama dengan grup band kenamaan Indonesia, Andra & The Backbone yang menghibur acara ulang tahun KSPSI yang ke-44 tersebut. (gum)

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Alfa Gumilang

Alfa Gumilang

Redaksi kabarburuh.com dan aktif di Komunitas Kretek.