Buruh FSPMI PT FSCM Salurkan Bantuan Korban Banjir Jakarta

Jakarta — Banjir yang melanda wilayah Jakarta dalam minggu ini, telah merendam puluhan titik ibu kota. Bahkan di berapa wilayah yang selalu mengalami banjir tiap tahunnya seperti di Cipinang Melayu, Jakarta Timur.

Walaupun banjir telah mulai surut dan warga sudah mulai kembali untuk membersihkan rumahnya, namun banyaknya korban banjir yang mencapai 1000 pengungsi dan berbagai kerugian akibat dari banjir dirasa masih membutuhkan bantuan dari berbagai pihak.

Bencana banjir besar yang melanda Jakarta telah menggugah hati buruh-buruh dari Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) PT FSCM Manufacturing Indonesia. Hari ini (25/2/2017), mereka menggalang bantuan untuk disalurkan kepada korban banjir di Jakarta, khususnya kepada korban banjir di RW 03, Kelurahan Cipinang Melayu, Jakarta Timur.

Bantuan yang diberikan antara lain adalah alat tulis sekolah, seragam sekolah, cairan pembersih rumah, keperluan mandi dan cuci, serta berbagai perlengkapan untuk balita. Bentuk bantuan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan warga, di mana sebelumnya pihak buruh telah berkoordinasi dengan koordinator posko pengungsian.

Diterima langsung oleh Husein Murad, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah DKI Jakarta yang kebetulan juga sedang berkoordinasi di lokasi tersebut. Husein mengucapkan terima kasih kepada Ketua rombongan FSPMI FSCM Manufakturing, Gunawan Yuliansyah beserta rombongan yang terdiri dari perwakilan pengurus inti, Garda Metal, Pleno, serta relawan JamkesWatch.

Husein kemudian mengarahkan agar melakukan koordinasi dengan lurah setempat untuk mempermudah penyaluran bantuan. “Nanti ada petugas kita yang membantu, jangan sampai malah jadi rebutan oleh warga yang mengungsi,” ucap Husein.

Aksi kepedulian ini bukan kali pertama dilakukan oleh para buruh, pada peristiwa banjir bandang di Garut beberapa waktu lalu, kalangan buruh juga turut terjun langsung ke lapangan memberikan bantuan tenaga dan sumbangan kebutuhan korban bencana. “Ini adalah salah satu fungsi sosial serikat FSPMI. Ini adalah implementasi di bidang sosial, dan mudah-mudahan bisa meringankan korban,” ujar Gunawan.

Adapun bantuan sosial yang diberikan diambil dari kas organisasi serta hasil patungan dari para buruh yang tergabung dalam Garda Metal, Pleno, Perisai Astra, DKM Al Muhajirin Plant III, serta koperasi karyawan PT FSCM Manufacturing Indonesia. (Jim)

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]