43 Buruh PT United Kingland di PHK, Ratusan Buruh Lainnya Mogok Kerja

Banten – Ratusan buruh yang tergabung dalam Serikat Pekerja Nasional (SPN), sejak kemarin (20/2/2017) melakukan aksi mogok kerja di depan pabrik. Para buruh melakukan mogok kerja lantaran perusahaan tempat mereka bekerja yaitu PT United Kingland melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sepihak terhadap 43 buruhnya.

Kebijakan perusahaan yang memproduksi BAN kendaraan bermotor dan berlokasi di Desa Ilir Kecamatan Cikande Serang Banten ini, mendapatkan tentangan dari buruh yang menolak PHK tersebut. Selain itu, buruh juga mempersoalkan perusahaan yang juga kerap kali memberlakukan kontrak kerja dalam waktu yang lama.

Menurut Armin, salah satu anggota dari SPN mengatakan bahwa buruh di PHK karena menolak aturan tentang kontrak kerja yang lama, namun tak kunjung diangkat menjadi karyawan tetap seperti dalam aturan ketenagakerjaan. “Mereka yang menunutut haknya malah di PHK secara sepihak,” ujarnya.

Aksi mogok kerja tersebut sedianya akan dilakukan sampai satu minggu ke depan, hingga tuntutan buruh yang menolak PHK sepihak dipenuhi oleh perusahaan. “Perusahaan harus menghentikan PHK sepihak dan mempekerjakan kembali 43 buruh yang di PHK. Jika tuntutan hari ini tidak dipenuhi maka kedepan akan melakukan aksi yang lebih besar lagi,” sambung Armin.

Aksi mogok kerja tak hanya diikuti oleh 43 buruh yang di PHK, buruh-buruh lain juga ikut melakukan aksi mogok kerja. Bahkan solidaritas terhadap aksi mogok kerja tersebut juga diberikan oleh buruh anggota SPN yang berasal dari perusahaan-perusahaan lain.

Adapun Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Serang yang telah mendapatkan pengaduan dari buruh, telah merekomendasikan kepada perusahaan untuk mempekerjakan kembali 43 buruh yang di PHK. Sampai berita ini diturunkan, belum diketahui kepastian pemenuhan tuntutan oleh perusahaan terhadap tuntutan para buruh. (jum)

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]