Presiden Keluarkan Kepres, Pilkada Serentak 15 Februari 2017 Libur Kerja

Jakarta – Hajat nasional penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak di lakukan di 101 daerah pada 15 Februari 2017. Menimbang guna memberikan kesempatan yang seluas-luasnya bagi warga negara untuk menggunakan hak pilihnya, Presiden Joko Widodo pada tanggal 10 Februari 2017 lalu telah mengeluarkan Keputusan Presiden mengenai hari libur nasional pada hari pemungutan suara.

Keputusan tersebut berdasarkan pada Pasal 84 Ayat 3 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota. Juga mempertimbangkan peraturan dari Komisi Pemilihan Umum tentang tahapan pilkada yang telah menetapkan pada hari pemungutan suara warga masyarakat diliburkan dari aktifitas bekerja.

Dalam Kepres Nomor 3 Tahun 2017 tersebut, secara esplisit menyebutkan bahwa: ”Keputusan Presiden tentang hari pemungutan suara pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, serta walikota dan wakil walikota tahun 2017 sebagai hari libur nasional.”

Selain Pilkada DKI Jakarta yang telah menyita perhatian media dan masyarakat Indonesia, penyelenggaraan pilkada juga dilakukan di 6 provinsi lainnya. Juga penyelenggaraan pilkada pemilihan bupati dan wakil bupati di 76 kabupaten, serta pemilihan wakilota dan wakil walikota di 18 kotamadya.

Kabupaten Bekasi yang merupakan kawasan industri yang terbesar di Asia Tenggara juga menyelenggarakan pemilihan kepala daerah. Dengan jumlah buruh yang sangat besar di wilayah tersebut, kelompok buruh ikut serta berpartisipasi sebagai salah satu calon bupati Bekasi dengan menggunakan jalur independen. Obon Tabroni dan Bambang Sumaryono mendapat nomor urut 3 dalam pilkada Kabupaten Bekasi yang diusung oleh berbagai serikat buruh. (gum)

 

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]