Tak Diberikan Tunjangan Transportasi, Buruh PT MCI Ancam Mogok Kerja

Bekasi — Buruh PT Metal Castindo Industriama (PT MCI) akan menggelar mogok kerja menuntut hak tunjangan transportasi. PT MCI adalah perusahaan percetakan logam di Bekasi, Jawa Bara yang memasok perusahaan ternama seperti PT Pindad, Chevron, dan Pertamina

Para pekerja yang bergabung dalam Federasi Perjuangan Buruh Indonesia (FPBI) tersebut terpaksa menempuh jalur mogok, menyusul upaya berunding dengan pemilik perusahaan yang tak mencapai titik temu. “Upaya perundingan selalu gagal. Sehingga mogok kerja kami ambil karena perusahan sudah sudah tidak mempunyai itikad baik dalam upaya menegkan aturan pemerintah dalam sejahterakan pekerjanya,” kata Ketua FBTPI PT MCI Khanif Mustofa.

Sebelumnya, buruh PT MCI mengaku sudah mengajukan permintaan audiensi dengan pihak pemilik perusahaan. Namun pemilik perusahaan bersikukuh tidak ingin menambah biaya untuk memenuhi peraturan daerah soal Penyelenggaraan Fasilitas Kesejahteraan Pekerja di Perusahaan Swasta.

Rencananya para buruh akan melakukan mogok kerja mulai tanggal 21 Februari 2017. Khanif Mustofa mengatakan bahwa semenjak perusahaan berdiri pada 2003 hingga sekarang belum menerapkan tunjangan transport atau memberikan fasilitas transport ke pekerjanya sesuai dengan perda Kabupaten Bekasi No 6 tahun 2001.

Dinas Tenaga Kerja setempat sudah mengeluarkan anjuran agar perusahaan memberi tunjangan Rp10.000 per hari. Namun anjuran tersebut tidak dijalankan.

Para buruh mengaku masih membuka kesempatan bagi perusahaan untuk berubah pikiran. Jika perusahaan berkomitmen memenuhi tunjangan transportasi, buruh akan membatalkan rencana mogok tersebut. (her)

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]