Said Iqbal Terpilih Kembali Menjadi Presiden KSPI

Jakarta — Dalam Kongres IV Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) yang diselenggarakan di Hotel Grand Cempaka, Jakarta, pada tanggal 7-9 Februari 2017, Said Iqbal kembali terpilih sebagai Presiden KSPI. Said Iqbal terpilih secara aklamasi memimpin KSPI untuk periode 2017 – 2022.

Sebagaimana diketahui, saat ini Said Iqbal juga adalah presiden dari Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI), yang berafiliasi pada KSPI.

Dalam orasi pertamanya setelah terpilih sebagai Presiden KSPI untuk kedua kalinya, Said Iqbal mengatakan perjuangan KSPI bukan hanya untuk kaum buruh, tetapi juga berjuang untuk kesejahteraan rakyat Indonesia.

“Tantangan kedepan sangat berat. Karena itu, KSPI akan bekerja lebih keras lagi untuk melawan kebijakan yang menyengsarakan kaum buruh, seperti menolak PP 78/2015, menolak outsourcing dan pemagangan, hingga mendesak pemerintah agar menurunkan harga kebutuhan pokok,” ujarnya.

Menurutnya, saat ini gerakan rakyat yang paling mengambil resiko adalah gerakan serikat buruh. Hal ini dikarenakan serikat buruh bergerak diberbagai bidang seperti gerakan secara ekonomi, sosial, bahkan politik. Bahkan gerakan buruh juga melakukan perlawanan terhadap modal dan kekuasaan.

“Saya bukan orang yang serba bisa. Saya butuh anda. Saya butuh kaum buruh untuk bergerak bersama menyuarakan aspirasi yang sama sebagai kelas buruh,” sambungnya.

Sementara itu, untuk posisi Sekretaris Jenderal KSPI yang sebelumnya diduduki oleh Muhammad Rusdi, kali ini diisi oleh Ramidi, dari Serikat Pekerja Nasional (SPN).

Muhamd Rusdi sendiri yang berasal dari dari Asosiasi Pekerja Indonesia (ASPEK Indonesia), pada periode lima tahun ke depan akan menduduki posisi Deputy Presiden atau Ketua Harian KSPI.

Kongres IV KSPI juga memilih susunan pengurus Majelis Nasional dan Majelis Pertimbangan Organisasi. Adapun posisi Ketua Majelis Nasional KSPI periode 2017 – 2022 diisi oleh Didi Suprijadi. Didi saat ini menjabat sebagai salah satu ketua Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Sedangkan posisi Ketua Majelis Pertimbangan Organisasi KSPI periode 2017 – 2022 adalah M Qudrat Nugraha. Sama seperti Didi, Qudrat juga berasal dari PGRI, sebagai Sekretaris Jenderal. (ang)

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]