Massa Buruh Dari KSPI Mulai Berkumpul di Patung Kuda Indosat

Jakarta — Ribuan buruh yang hari ini melakukan aksi besar di Jakarta telah mulai berkumpul di Bundaran Patung Kuda Indosat. Para buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) ini sedianya akan melakukan aksi ke Istana Negara.

Dalam aksinya ini, buruh mengusung berbagai isu yang menjadi aspirasinya. Diantaranya adalah penolakan terhadap Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan, penolakan sistem kerja kontrak dan outsourcing, penolakan terhadap tenaga kerja asing ilegal asal China, turunkan harga kebutuhan pokok, dan kemandirian energi nasional.

Massa aksi sedianya akan mulai bergerak ke Istana Negara pada pukul 12.00 WIB. Sejauh ini buruh yang sudah berkumpul berasal dari berbagai kawasan Industri di Jabodetabek. Diantaranya dari kawasan industri di Jakarta, Bekasi, dan Tangerang.

Sementara aksi masih belum bergerak dan menunggu rombongan buruh dari wilayah lain seperti Karawang, Bogor, Subang dan sekitarnya, pimpinan aksi buruh terus menyuarakan orasi-orasi dan yel-yel buruh. Beberapa lagu perjuangan buruh juga diputar untuk memberikan semangat bagi massa aksi.

KSPI adalahkonfederasi atau induk serikat pekerja yang menaungi berbagai federasi setikat pekerja, yang diantaranya adalah Asosiasi Serikat Pekerja Indonesia, Serikat Pekerja Nasional, Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia. Mereka serentak melakukan aksi di 20 provinsi di Indonesia. (gum)

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]