Upaya Selesaikan Kasus, Kemenaker Panggil Buruh dan Dirut PT Adhimix

Jakarta – Menindaklanjuti unjuk rasa yang dilakukan oleh ratusan buruh PT Adhimix Precast Indonesia yang tergabung dalam Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI), pada hari Senin 6 Februari 2017, Kementerian Ketenagakerjaan mengundang para pihak yang berselisih untuk duduk bersama menyelesaikan kasus tersebut.

Sebelumnya pada 25 Januari 2017, ratusan buruh melakukan aksi unjuk rasa di depan kantor Kementerian Ketenagakerjaan. Mereka meminta agar Kemnaker mengambil alih penanganan kasus di perusahaan tersebut, lantaran wilayah operasional perusahaan lebih dari satu provinsi.

Ratusan buruh PT Adhimix Precast Indonesia sampai hari ini telah melakukan aksi mogok kerja selama 59 hari dan membangun tenda di depan perusahaan. Mereka menuntut kenaikan upah, perhitungan upah lembur sesuai aturan, pembayaran kekurangan upah tahun 2014-2015, mengangkat pekerja kontrak (PKWT) menjadi pekerja tetap (PKWTT), tolak PHK, dan menolak mutasi sepihak.

Surat pemanggilan perundingan disampaikan oleh Direktorat Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja kepada direktur utama PT Adhimix Precast Indonesia, perwakilan buruh dari PT Adhimix Precast Indonesia, Ketua Umum KASBI dan lembaga-lembaga pemerintah terkait dibidang ketenagakerjaan.

Surat tertanggal 3 Februari 2017 itu mengagendakan koordinasi penyelesaian kasus yang telah hampir dua bulan lamanya tak menemui titik temu. Menanggapi hal tersebut, Ketua Umum KASBI Nining Elitos mendesak agar pengusaha tunduk pada aturan hukum yang ada, dan memenuhi tuntutan para buruh. “Pemerintah harus mendesak dan memaksa pengusaha memenuhi tuntutan buruh karena tuntutan buruh telah sesuai dengan aturan dan perusahaan wajib memberikan hak-hak buruh,” ungkap Nining.

Namun demikian, ia juga menyayangkan lambatnya respon dan penanganan dari pemerintah atas penyelesaian kasu ini. “Hampir 60 hari mogok kerja yang dilakukan buruh atas pelanggaran hak buruh, padahal masalah ini sudah dilaporkan secara resmi jauh-jauh hari sebelum mogok buruh terjadi,” pungkasnya.

Sampai saat ini, buruh PT Adhimix masih bertahan mogok kerja di depan perusahaan dengan membangun tenda. Awak Kabar Buruh yang kemarin menyambangi tenda mogok kerja, menyaksikan langsung bagaimana buruh yang dalam kondisi sulit di tenda yang seadanya, masih terus bertahan untuk memperjuangkan hak mereka. (gum)

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]