Sambut Ulang Tahun ke-18, FSPMI Gelar Aksi Besar Tanggal 6 Februari 2017

Jakarta – Puluhan ribu buruh dari Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) yang berafiliasi dengan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) akan menggelar aksi besar pada tanggal 6 Februari 2017. Sedianya aksi akan dilakukan pada pukul 09.00 WIB, berkumpul di bundaran Patung Kuda Indosat, menuju Istana Negara.

Dalam aksi tersebut, beberapa tuntutan yang diusung oleh buruh adalah penolakan upah murah dan pencabutan Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan; menolak tenaga kerja asing unskilled labour asal China, judicial review PP No.78/2015; turunkan harga barang termasuk tolak kenaikan tarif dsar listrik, BBM, BPKB dan STNK; dan menolak rencana revisi UU Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

Menurut Presiden KSPI Said Iqbal, selain mengangkat berbagai isu ketenagakerjaan dalam aksi yang akan dilangsungkan oleh buruh, aksi tersebut juga merupakan bagian dari perayaan peringatan hari ulang tahun FSPMI yang ke-18, serta jelang kongres ke IV KSPI.

Aksi buruh akan memobilisasi massa dari wilayah Jakarta, Banten dan Jawa Barat. Seperti diwartakan oleh koranperdjoeangan.com, buruh yang akan mengikuti aksi diantara berasal dari FSPMI sebanyak 10 ribu orang, dari wilayah Jakarta 750 ribu orang, Bogor 1.500 orang, Tangerang 1.500 orang, Bekasi 4.000 orang, Karawang 1.500 orang, dan ribuan buruh lainnya dari berbagai wilayah industri di Jawa Barat.

Selain di Jakarta, aksi tersebut merupakan aksi yang juga akan digelar secara serentak si Indonesia yang telah diinstruksikan oleh Dewan Pimpinan Pusat FSPMI. Aksi besar yang dibarengi oleh ulang tahun FSPMI juga dilakukan oleh para buruh pada tahun 2016 lalu. (yud)

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]