58 Hari Mogok Kerja Buruh PT Adhimix Belum Juga Ada Kejelasan Tuntutan

Jakarta – Ratusan buruh yang tergabung dalam Serikat Buruh Adhimix Precast Indonesia (SBAPI), yang berafiliasi dengan Konfederasi KASBI, hari ini masih bertahan melakukan mogok di depan perusahaan. Mereka menuntut hak normatif seperti upah yang dibayarkan pihak perusahaan di bawah upah minimum, selain itu pelaksanaan BPJS dan status jam kerja yang juga belum jelas.

Pemogokan yang dilakukan Buruh PT Adhimix ini sudah berlangsung selama 58 hari, yaitu dimulai dari (6/12/16), dan sampai sekarang masih berlanjut dengan mendirikan tenda di depan pabrik. Selama pemogokan berlangsung pihak perusahaan belum melakukan itikad baik dalam merespon tuntutan buruh.

Padahal, Suku dinas Ketenagakerjaan sendiri sudah memanggil pihak perusahaan selama dua kali, akan tetapi pihak perusahaan tidak datang. Para buruh adhimix sendiri sudah melaporkan persoalan ini ke Komisi IX DPR yang menanganani masalah ketenagakerjaan, dan rencananya Komisi IX DPR akan melakukan pertemuan dengan Kementrian Ketenagakerjaan.

Menurut Edi Suharsno, kordinator mogok menjelaslan bahwa selama pemogokan berlangsung, buruh selalu mendapatkan solidaritas dari anggota KASBI, selain itu juga buruh Adhimix meminta solidaritas kepada pengguna jalan yang lewat. “Dari situlah kita bisa bertahan dalam melakukan perjuangan mogok ini,” ujar Edi saat diwawancara oleh reporter Kabar Buruh di tenda mogok buruh.

Tenda perjuangan buruh SBAPI di depan perusahaan.

Selama pemogokan berlangung, pihak perusahaan hanya mengimbau bahwa pemogokan yang dilakukan buruh tidak sah secara hukum. “Padahal kita sebelum melakukan pemogokan telah memberikan surat terhadap perusahaan dan pihak terkait. LBH Jakarta sendiri menyatakan bahwa pemogokan yang dilakukan buruh sah,” lanjutnya.

Buruh PT Adhimix yang didampingi Nining Elitos Ketua Umum KASBI saat melakukan pertemuan dengan Komisi IX yang mengurusi bidang ketenagakerjaan, bertemu langsung dengan Ketua Komisi IX DPR Dede Yusuf. “Dalam pertemuan kemarin, Komisi IX akan melayangkan surat kepada kementrian dan rencananya hari Senin kita akan melakukan audiensi di Kementrian,” ujar Edi.

Selama pemogokan berlangsung yang dilakukan ratusan buruh PT Adhimix, pihak keluarga buruh di juga mendukung penuh perjuangan mogok ini. Kondisi tenda mogok kerja juga nampak tidak dalam kondisi baik karena hujan yang kerap kali turun membuat tenda mogok kerja terkena bocoran air. Namun demikian, para buruh masih tetap bertahan di tenda sampai kasus yang mereka alami selesai.

Sampai berita ini diturunkan, buruh PT Adhimix akan terus bertahan melakukan aksi mogok di depan pabrik, sehingga tuntutan hak normatifnya dikabulkan oleh perusahaan. (jum)

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]