540 Buruh di PHK Korean Garment, Serikat Pekerja Nasional Siapkan Aksi Penolakan

Jakarta –Serikat Pekerja Nasional (SPN) hari ini (25/1/207) menggelar konferensi pers terkait dengan tindakan pemutusan hubungan kerja dari tiga perusahaan asal Korea Selatan yang tergabung dalam Korean Garment (GOWA). Ketiga perusahaan tersebut adalah PT Star Camtex, PT Wooin Indonesia, dan PT Good Guys Indonesia.

Acara konferensi pers yang dilangsungkan di kantor SPN di Cakung tersebut ingin menjelaskan perihal tindakan para pengusaha Korea yang dianggap telah melakukan tindakan semena-mena dengan mem-PHK sepihak terhadap 540 orang pekerja dengan alasan efisiensi.

“KOGA melakukan PHK terselubung dengan mudos memaksa para pekerjanya. Tekanan yg diberikan adalah apabila pekerja tidak mau menerima PHK, maka pekerja tersebut akan digugat di pengadilan, dan mereka akan di-PHK tanpa pesangon,” ujar Roberds, pimpinan SPN DKI Jakarta.

Tindakan tersebut ditentang dan tidak diterima oleh SPN karena jumlah pesangon yang ditawarkan oleh para pekerja di tiga perusahaan tersebut tidak sesuai dengan formulasi pesangon seperti yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. “Pesangon yang diberikan hanya masa kerja dikali besaran upah,” sambung Roberds.

SPN menilai bahwa PHK yang dialami oleh anggotanya adalah sebuah malapetaka bagi para pekerja, karena mereka telah mngabdi bekerja cukup lama di perusahaan cukup lama, dengan rata-rata masa kerja selama 10 tahun.

Atas tindakan tersebut, SPN menyatakan menolak dan meminta perusahaan untuk menghentikan PHK yang tidak sesuai dengan UU Ketenagakerjaan. SPN juga meminta agar tak terjadi lagi intimidasi kepada para pekerja atas rencana efisiensi perusahaan.

Menyikapi perselisihan hubungan industrial yang terjadi ini, SPN sedianya akan melakukan aksi protes di Kedutaan Besar Korea Selatan pada 16 Februari 2017. “Kami mempunyai anggota yang besar, mencapai 50 ribu. Kami akan melakukan aksi protes ke Kedubes Korea dengan mengerahkan massa yang besar,” pungkasnya.

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]