Sidang Umum SBPBI PT Pionir Beton Hasilkan Lima Resolusi

Purwakarta — Sidang Umum kedua Serikat Buruh Pionir Beton Industri (SBPBI-KASBI) yang berlangsung pada tanggal 6-8 Januari 2017 di Jatiluhur, Purwakarta telah berakhir. Sekitar 200 orang perwakilan anggota SBPBI-KASBI menghadiri forum demokrasi tertinggi serikat buruh yang bergerak di sektor readymix tersebut.

Dalam forum itu, Iwan Roesdi kembali terpilih sebagai Ketua, untuk jabatan Sekretaris dipercayakan kepada Paryono, sedangkan untuk bendahara terpilih Kisno. Selain itu forum juga menetapkan Nipih Sopandi sebagai DPO, Agam sebagai DHA, Dohan sebagai DPP dan Vicky sebagai Litbang untuk mengemban amanat perjuangan empat tahun ke depan.

Sebagai penutup, forum Sidang Umum kedua SBPBI-KASBI juga merumuskan resolusi perjuangan untuk mewujudkan kesejahteraan dan keadilan sosial bagi anggota SBPBI-KASBI dan kaum buruh pada umumnya.

Lima butir Resolusi Perjuangan SBPBI-KASBI adalah:

1. Perjuangan Perjanjian Kerja Bersama (PKB) yang bermartabat;
2. Perjuangan upah layak secara nasional, baik di internal perusahaan maupun dalam gelombang besar solidaritas perjuangan kaum buruh Indonesia;
3. Penghapusan sistem kerja kontrak dan outsourcing;
4. Penguatan keuangan organisasi yang kuat dan mandiri melalui pembayaran Iuran lewat sistem COS sebesar 2℅ dari upah dan peningkatan transparansi keuangan organisasi.
5. Perluasan dan penguatan organisasi melalui pembangunan federasi sektor readymix di bawah bendera Konfederasi KASBI.

Ketua Umum KASBI Nining Elitos yang hadir dalam acara ini memberikan apresiasi atas resolusi tersebut. “Resolusi perjuangan ini disusun untuk mengukuhkan SBPBI-KASBI sebagai wadah perjuangan mewujudkan kesejahteraan dan keadilan bagi kaum buruh di PT PionirBeton Industri dan buruh Indonesia,” ujar Nining.

Penutupan acara ini juga dimeriahkan oleh band buruh D’Kottor asal Karawang, Dobrack dari Purwakarta dan D’Boerber dari Bandung. (ser)

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]