Selama 2016, 13.125 Lowongan Pekerjaan Dibuka di Kabupaten Semarang

Semarang – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Semarang mencatat selama kurun waktu 2016, terdapat 13.125 lowongan pekerjaan di sejumlah perusahaan. Dari jumlah tersebut, sekitar 11.041 atau 85% di antaranya diperuntukkan bagi pekerja perempuan. Adapun sisanya sebanyak 2.084 atau sekitar 15% diperuntukan bagi pekerja laki-laki.

Jumlah kesempatan kerja yang besar bagi perempuan, dibutuhkan oleh industri garmen yang memang mulai mengalihkan produksinya di Jawa Tengah. “Perusahaan di Kabupaten Semarang yang besar-besar itu adalah perusahaan garmen,” kata Kepala Disnaker Kabupaten Semarang Soemardjito, seperti diwartakan oleh Kompas.com, Kamis (5/1/2017).

Jumlah lowongan yang tersedia bagi pekerja perempuan, berbanding lurus dengan dengan calon pekerja yang mengajukan pembuatan kartu kuning (AK 1), sebagai salah satu syarat melamar pekerjaan. Tercatat sejak Januari hingga akhir Desember 2016, ada 4.832 pekerja perempuan yang mengajukan pembuatan AK 1, dari total 7.554 orang pencari kerja yang mengajukan pembuatan kartu AK 1.

Angka pembuatan AK 1 jika dibandingkan dengan jumlah lowongan yang tersedia, masih cukup jauh dari kebutuhan serapan industri. Yang dalam persentase hanya sebesar 57% dari yang dibutuhkan. Namun menurut Disnaker, jumlah pencari kerja tersebut sudah diterima bekerja di berbagai perusahaan yang mayoritas adalah industri padat karya.

Saat ini, angka upah minimum Kabupaten Semarang memang relatif lebih kecil jika dibandingkan dengan UMK di berbagai wilayah industri lain di pulau Jawa. UMK Kabupaten Semarang saat ini hanya Rp1.745.000, jauh lebih kecil jika dibandingkan UMK di wilayah industri garmen lainnya seperti di Tangerang atau Bekasi yang mencapai angka di atas 3 juta rupiah per bulan. (gum)

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]