Tolak Penuhi Tuntutan Buruhnya, Kantor Pusat dan Plant PT. Adhimix Digeruduk KASBI

Sudah dua minggu aksi yang dilakukan ratusan anggota SB API-KASBI berlangsung. Selama 24 jam penuh setiap harinya, massa buruh mengepung Plant (cabang) PT. Adhimix Cakung. Tuntutan telah disampaikan, namun pihak perusahaan masih belum juga memenuhi tuntutan tersebut.

Aksi ini bermula ketika beberapa anggota dan pengurus serikat buruh dipecat sepihak oleh pihak perusahaan karena memperjuangkan hak normatif pekerja. Hak-hak normatif yang tidak dipenuhi perusahaan seperti pengupahan yang dibawah Upah Minimum Propinsi, belum diselesaikannya kekurangan pembayaran upah, serta jam kerja yang tak sesuai aturan. Peristiwa pemecatan ini kemudian memicu gelombang aksi dari massa buruh.

Sikap acuh yang ditunjukan pihak manajemen serta kebijakan yang melanggar hukum ini membuat ratusan massa dari SB API-KASBI serta Konfederasi KASBI menggelar aksi di kantor pusat PT. Adhimix yang terletak di Pancoran dan di Kementerian Tenaga Kerja. Selain itu, mereka juga menggelar aksi serupa di beberapa cabang PT Adhimix.

“Kami menuntut agar PT. Adhimix segera memenuhi tuntutan kami dan sekaligus mendesak Kementrian Tenaga Kerja untuk melakukan langkah-langkah yang diperlukan untuk memenuhi hak kami.” jelas Ifan Ibrahim, Sekretaris SB API-KASBI kepada redaksi kabarburuh (21/12).

Irfan menjelaskan, dari pertemuan dengan pihak perusahaan terlihat bahwa mereka masih berkelit dan terkesan mengulur-ngulur persoalan. Sementara itu, dari pertemuan dengan pihak Kementerian Tenaga Kerja melalui Direktorat PHI dan Jamsos di Kemnaker, mereka mendapatkan pernyataan jika Kemnaker akan segera mengambil langkah yang diperlukan.

Selain itu, pihak Kemnaker juga menyatakan bakal hadir dalam pertemuan antara serikat dan perusahaan di Dinas Ketenagakerjaan Jakarta Timur Kamis besok (22/12). “Kita tunggu saja,” lanjut Irfan ketika ditanyakan mengenai tanggapan pihak Kemnaker. Pertemuan pada tanggal 22 nanti adalah pertemuan kedua setelah pihak perusahaan tidak hadir pada pertemuan yang pertama (15/12).

Sementara itu, untuk mendukung aksi unjuk rasa yang dilakukan hari ini, anggota Konfederasi KASBI di berbagai daerah secara serentak mendatangi plant-plant PT. Adhimix. Tercatat plant PT. Adhimix yang berlokasi di Dadap, Cikupa, BSD, dan Bandung Timur didatangi oleh massa buruh KASBI. Mereka mendesak setiap kepala plant membuat surat untuk kantor pusat agar segera memenuhi tuntutan buruh.

“Apabila peringatan kami tidak diperhatikan oleh manajemen PT. Adhimix, kami akan kerahkan massa yang lebih besar untuk menutup operasi plant-plant Adhimix yang masih beroperasi,” tegas Irfan.

Berikut adalah tuntutan SP-API KASBI kepada pihak PT. Adhimix:

1. Bayarkan upah sesuai dengan kesepakatan : sentralisasi upah Daerah Jakarta sebesar
Rp.3,330,000/bulan.
2. Berlakukan jam kerja sesuai peraturan perundang undangan yang berlaku.
3. Bayarkan kekurangan upah tahun 2014 dan 2015.
4. Angkat seluruh pekerja PKWT menjadi pekerja tetap (PKWTT).
5. Hentikan Mutasi Sepihak terhadap Pengurus dan anggota SB API.
6. Hentikan PHK sepihak terhadap Pengurus dan Anggota SB API.

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Alfa Gumilang

Alfa Gumilang

Redaksi kabarburuh.com dan aktif di Komunitas Kretek.