Sempat Diintimidasi, Mogok Buruh PT. Adhimix Terus Berlanjut

Jakarta — Buruh PT. Adhimix Precast Indonesia hingga saat ini masih terus melakukan aksi mogok kerja. Lokasi mogok kerja di daerah Cakung yang biasanya sepi, sejak kemarin malam berubah ramai, dengan kehadiran ratusan buruh peserta mogok yang mendirikan tenda darurat di depan plant tersebut.

Para buruh tergabung dalam Serikat Buruh Adhimix Precast Indonesia (SBAPI), yang berafiliasi pada Konfederasi KASBI. Mogok buruh SBAPI-KASBI ini antara lain menuntut pelanggaran upah minimum, pelaksanaan BPJS dan status kerja.

Ratusan buruh tersebut sudah dua hari melakukan aksi mogok kerja. Selama dua hari itu pula represi dan intimidasi juga dialami kaum buruh.

“Kemarin malam (7/12/2016) saat kami sedang istirahat di depan pagar plant, ada intimidasi dari pihak perusahaan yang berusaha mengeluarkan mobil mixer untuk produksi. Mereka mengancam akan melindas kami yang sedang tiduran di depan pagar jika tak boleh lewat.’ jelas Ivan Sekretaris SBAPI-KASBI via sambungan telepon pada Kabar Buruh.

Pihak SBAPI menilai tindakan provokasi dan intimidasi ini menunjukkan sikap arogansi manajemen PT. Adhimix. Sikap arogan manajemen juga ditunjukkan pada siang tadi (8/12/2016).

“Tadi siang Disnaker datang kemari, tetapi pihak manajemen Adhimix hanya mau menemui pihak Disnaker tanpa mengikutsertakan tim perunding dari serikat buruh. Setelah pertemuan pihak Disnaker menyatakan akan menyurati Direktur PT. Adhimix dan SBAPI-KASBI untuk diadakan mediasi di Disnaker Jakarta Timur,” tambahnya.

Menghadapi arogansi dan intimidasi tersebut, pihak SBAPI-KASBI menyatakan tidak akan mundur dari aksi mogok mereka. “Kami memperjuangkan apa yang menjadi hak kami. Walau ada intimidasi ataupun ancaman, kami tidak mundur dan akan tetap melanjutkan aksi kami hingga tuntutan kami dipenuhi,” demikian pernyataan Ivan. (Abd)

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]