Jika Tuntutan Tak Dipenuhi Buruh PT Adhimix Prescast Ancam Blokir Jalan Raya Cakung

Jakarta — Ratusan buruh PT Adhimix Precast Indonesia melakukan aksi mogok kerja di Plant Cakung Indonesia (6/12) karena gagalnya perundingan yang dilakukan antara pihak serikat buruh dan perusahaan. Sekitar 400 buruh yang tergabung dalam Serikat Buruh Adhimix Precast Indonesia (SB API-KASBI) terlibat dalam aksi mogok hari ini.

Dalam aksi mogok ini, massa buruh menuntut agar perusahaan memberikan upah layak bagi pekerjanya. Selama ini masih ada buruh yang upahnya belum dibayarkan perusahaan secara penuh, terutama selama tahun 2014 hingga 2016. Selain itu mereka juga menuntut agar perusahaan mengangkat pekerjanya menjadi karyawan tetap.

Menurut Viki, salah satu buruh yang terlibat pada mogok tersebut, perusahaan telah melakukan PHK sepihak pada para pekerjanya. Karena itu mereka meminta perusahaan untuk kembali mempekerjakan teman-teman mereka yang menjadi korban PHK.

Perusahaan juga kerap melakukan mutasi pada para pekerjanya secara sepihak tanpa alasan yang jelas. Bahkan para pekerjanya juga masih banyak yang belum didaftarkan ke BPJS ketenagakerjaan.

Mogok hari ini dilakukan akibat gagalnya tiga kali perundingan yang telah dilakukan. Karena tidak ada kesepakatan yang dibuat, maka massa buruh kemudian memutuskan untuk menjalankan haknya untuk mogok sesuai dengan Undang-undang nomor 13 tahun 2003 pasal 137.

“Jika pihak perusahaan masih tidak menanggapi aksi buruh kali ini, maka massa buruh berjanji akan terus melakukan aksi massa dalam eskalasi yang lebih besar lagi dengan menutup Jalan Raya Cakung,” tegas Viki.

Aksi mogok yang dimulai sejak pagi ini belum ditanggapi pihak perusahan hingga berita ini diturunkan. (jum)

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]