Konfederasi Perjuangan Buruh Indonesia Gelar Acara Peluncuran Sekretariat Baru

Jakarta — Konfederasi Perjuangan Buruh Indonesia (KPBI), hari ini 1 Desember 2016, meluncurkan sekretariat barunya di Jalan Supomo, Jakarta Selatan. Dalam peluncuran sekretariat baru tersebut, dilangsungkan dengan acara sederhana dalam bentuk diskusi dan syukuran.

Hadir dalam acara diskusi tersebut Amie dari Institut Global Justice, Ilhamsyah ketua KPBI, dan Arief Hidayat dari Liga Mahasiswa untuk Deokrasi (LMDN). Diskusi tersebut bertemakan tentang situasi nasional dan internasional dalam hal ekonomi politik.

Dalam diskusi tersebut, Amie memaparkan tentang berbagai perjanjian internasional yang diikuti oleh Indonesia. Yang diantaranya adalah Free Trade Agreement (FTA), yang menurutnya akan sangat merugikan bagi kepentingan ekonomi-politik Indonesia, khususnya bagi kaum buruh.

Ilhsyah menambahkan berbagai perjanjian interasional tersebut adalah bagian dari kapitalisme global yang ingin menyelamakan diri dari krisis yang mereka ciptakan sendiri dalam sistem ekonomi kapitalis. “Kepentingan global saat ini adalah mendorong kapitalisme global untuk investasi di sektor infrastruktur,” ujar Ilhamsyah.

Dan dalam pembangunan tersebut, dana yang didapatkan oleh pemerintah berasal dari hutang luar negeri, yang pada akhirnya akan menjebak Indonesia dan memaksa liberalisasi di Indonesia. “Dalam hubungan antar negara tidak boleh lagi ada proteksi. Inilah yang ditelurkan dalam perjanjian-perjanjian ekonomi oleh pemerintah,” sambungnya.

Selanjutnya, Ilhamsyah menilai bahwa situasi politik nasional saat ini telah menenggelamkan berbagai isu kerakyatan lainnya. “Isu petani, isu buruh, dan isu-isu lainnya hilang. Dan kita harusnya tetap muncul di publik untuk terus menyuarakan isu-isu rakyat,” jelas Ilhamsyah.

Arief dari LMND dalam presentasinya menawarkan satu gerak bersama dari buruh dan mahasiswa. Selain bicara isu perburuhan, juga mengangkat isu pendidikan, karena buruh juga memiliki kepentingan terhadap akses pendidikan yang lebih baik dan tidak diskriminatif.

Acara diskusi tersebut berlangsung sejak pukul 16.00 WIB, dan selesai pada pukil 18.00 WIB. Usai diskusi, para pimpinan KPBI melakukan ritual potong tumpeng sebagai tanda sukur atas peluncuran sekretariat baru dari KPBI. (jum)

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]