Besok, 2.000 Massa Gerakan Buruh Sulsel Aksi Tolak PP Pengupahan

Makasar – Sekitar 2.000 buruh yang tergabung dalam Gerakan Buruh Sulawesi-Selatan (GBS), sedianya akan melakukan aksi unjuk rasa esok, 28 November 2016. Mereka akan berkumpul sejak pagi di Mandala Makasar dan TMP Makasar, lalu melanjutkan aksinya di kantor DPRD Provinsi Sulawesi Selatan.

Selain dari GBS yang terdiri dari GSBMI, KSPSI, KSBSI, KSPI, FS-Kahutindo, SPN dan GSBN, aksi juga akan diikuti oleh kelompok massa dari Solidaritas Masyarakat untuk Rakyat Indonesia (Samurai). Sebelumnya, pada tanggal 7 November 2016 lalu, Samurai telah melakukan aksi di DPRD Sulsel dengan isu yang sama, namun sampai saat ini belum ada tindak lanjut Rapat Dengar Pendapat dengan DPRD Sulsel terkait tuntutan dari buruh.

Selain mengangkat isu penolakan terhadap Peraturan Pemerintah No. 78/2015 tentang Pengupahan, aksi besok juga menuntut pemerintah daerah untuk melakukan revisi Upah Minimum Provinsi Sulsel yang hanya Rp 2,5 juta per bulan, sesuai dengan PP Pengupahan.

GBS dalam aksinya juga akan meminta kepada DPRD Sulsel, untuk menandatangani petisi pencabutan PP Pengupahan. Selain juga akan menyuarakan berbagai persoalan perburuhan lain yang terjadi di Sulsel, seperti pemberangusan serikat, sistem kerja kontrak dan outsourcing, dan berbagai isu lainnya.

Sementara itu, Kepala Polrestabes Makassar Komisaris Besar Rusdi Hartono mengatakan bahwa pihak kepolisian sendiri telah menyiapkan sekitar 2.282 personil, yang akan mengamankan jalannya aksi.

Menanggapai hal tersebut, Aksin, perwakilan dari GBS mengatakan bahwa pengamanan yang akan dilakukan oleh pihak kepolisian dirasa berlebihan. “Kami berterima kasih karena polisi mau mengawal aksi ini, tetapi disisi lain saya mengatakan bahwa hal tersebut sangatlah berlebihan dengan jumlah personil 2000 lebih,” ujar Aksin kepada Bustamin, kontributor Kabar Buruh di Makasar. (gum)

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]