Mogok Kerja Buruh PT Ikapharmindo Putramas Berbuah Manis

Jakarta — Hari ini, sekitar 400 buruh PT Ikapharmindo Putramas dari total buruh sebanyak 600, yang melakukan mogok kerja, berhasil mencapai kesepakatan dengan pihak perusahaan.

Para buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI), menyatakan bahwa perusahaan banyak melakukan pelanggaran hak-hak normatif ketenagakerjaan. Dan hal itulah yang melatarbelakangi aksi mogok kerja para buruh.

Mogok kerja yang berlangsung sejak pagi, sempat tak mencapai kata sepakat sampai siang. Namun sore hari kemudian antara buruh dan perusahaan telah mencapai berbagai kesepakatan. Diantaranya adalah dipenuhinya tuntutan buruh tentang upah yang disesuaikan dengan masa kerja dan prestasi kerja, bagi buruh yang bekerja di atas satu tahun.

Selain itu, perusahaan juga akan memberikan tunjangan keluarga bagi buruh tetap. Dan akan mengangkat 41 buruh dengan status kerja borongan, menjadi buruh tetap. Sementara untuk tuntutan lainnya, akan dimasukan dalam Perjanjian Kerja Bersama antara serikat buruh dan perusahaan, yang akan dibuat pada bulan Januari 2017.

Muhammad Hayadi, selaku Divisi Advokasi FSPMI PT Ikapharmindo Putramas, ketika dihubungi oleh reporter Kabar Buruh menyatakan terimakasihnya kepada seluruh buruh yang ikut berjuang. “Terima kasih juga kepada Forum Buruh Kawasan di Pulo Gadung, anggota FSPMI dari pabrik lain, dan seluruh masyarakat yang mendukung perjuangan kami,” ujarnya.

Menurut Hayadi, berbagai tuntutan buruh dan perundingan, sebenarnya telah disampaikan sejak tiga tahun, namun akhirnya setelah melakukan mogok kerja, perusahaan yang bergerak di bidang farmasi dan kosmetik tersebut memberikan tuntutannya.

Aksi itu sendiri sempat mendapatkan pengawalan yang ketat dari aparat, mengingat hadirnya solidaritas dari kalangan buruh di perusahaan lain, yang totalnya mencapai 1.000 orang. Namun demikian, aksi mogok kerja tetap berlangsung dengan damai hingga akhirnya terjadi kesepakatan antara kedua belah pihak. (gum)

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]