Ribuan Buruh Banten Tutup Tol Bitung, Tuntut Revisi UMK Banten

Banten – Ribuan buruh di provinsi Banten, saat ini tengah menutup jalan tol Bitung. Jalan tol yang menghubungkan antara Kota Tangerang dan Kabupaten Tangerang, saat ini dapat dikatakan lumpuh akibat penutupan jalan tol di kedua arah, oleh para buruh.

Menurut laporan dari lapangan para buruh melakukan protes keras tersebut, lantara pemerintah Provinsi Banten, dalam hal ini Plt Gubernur Banten, dalam menetapkan Upah Minimum Kabupaten/Kota tahun 2017, tidak mengindahkan rekomendasi dari Bupati dan Walikota.

Diperkirakan lebih dari 10.000 orang buruh yang melakukan aksi pentupan jalan tol tersebut, yang berasal dari berbagai serikat besar. Yang diantaranya adalah dari SPSI, KASBI, FSPMI, SPN, dan berbagai serikat buruh lainnya yang ada di Provinsi Banten.

Aksi pentupan tol tersebut mulai berlangsung pada pukul 12.00 WIB, dan hingga kini aksi tersebut masih tetap berlangsung. Sementara itu, pihak kepolisian dari Polres Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang, juga tengah melakukan negosiasi dengan para perwakilan buruh.

Polisi dan perwakilan dari serikat yang sedang melakukan negosiasi di lapangan.
Polisi dan perwakilan dari serikat yang sedang melakukan negosiasi di lapangan.

Dilaporkan pula, bahwa saat ini pihak kepolisian sedang berusaha untuk menyambungkan aspirasi buruh dengan Plt Gubernur Banten. Para buruh sendiri mengaku tidak akan berhenti melakukan aksi tersebut, jika tuntutan mereka tidak dipenuhi.

Adapun tuntutan para buruh diantaranya adalah agar Plt Gubernur Banten segera melakukan revisi atas penetapan UMK Provinsi Banten, sesuai dengan rekomendasi Bupati dan Walikota. Seperti penetapan UMK Kota Cilegon yang naik 20% sesuai rekomendasi Walikota, bukan naik 8,25% seperti yang ditentukan oleh Gubernur Banten.

Hingga berita ini dimuat, ribuan buruh masih berjaga dan berkumpul di ruas dua lajur jalan tol. Juga beberapa perwakilan serikat yang akan melakukan perundingan dengan pihak pemerintah daerah dan kepolisian. Sementara itu, aparat keamanan kepolisian dan TNI, juga nampak mulai berdatangan dalam jumlah yang besar. (gum)

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]