UMK Jabar: Terendah Pangandaran 1,4 Juta, Tertinggi Karawang 3,6 Juta

Bandung — Pemerintah Provinsi Jawa Barat, akhirnya telah memutuskan besaran upah minimum kabupaten/kota (UMK) se Jawa Barat. Keputusan tersebut ditandatangani oleh Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan malam tadi (21/11/2016). Upah tersebut akan mulai berlaku terhitung 1 Januari 2016.

Dalam keputusan tersebut, tercatat UMK terendah adalah Kabupaten Pangandaran dengan nilai upah Rp 1.433.901 per bulan. Sementara yang tertinggi adalah Kabupaten Karawang dengan nilai UMK sebesar Rp 3.605.272 per bulan.

Kabupaten/kota lain yang merupakan wilayah industri, hanya berselisih sedikit dari Karawang. Kota Bekasi besaran Rp 3.601.650 per bulan. Sementara Kabupaten Bekasi UMK sebesar Rp 3.530.538 per bulan. Sementara Kota Bandung sendiri hanya sebesar Rp 2.843.662 per bulan.

Kenaikan upah yang ditetapkan oleh Ahmad Heryawan tersebut, sesuai dengan prosentase besaran kenaikan upah dalam formulasi pengupahan dalam PP 78/2015 tentang Pengupahan, yang hanya naik 8,25%.

Menanggapi hal tersebut, Sunarno Sekjend KASBI menyatakan kekecewaannya atas keputusan yang dikeluarkan oleh Gubernur Jawa Barat. “Kami kecewa karena Aher memutuskan UMK sesuai dengan PP Pengupahan dan tidak mengindahkan aspirasi dari buruh,” ujarnya melalui sambungan telepon.

Selanjutnya, pihak buruh akan melakukan konsolidasi di tingkat daerah, guna mengambil sikap dan respon atas keputusan tersebut. “Gubernur juga tidak mengindahkan surat rekomendasi dari Bupati dan Walikota, terkait upah yang prosentase besaran kenaikan melebihi PP Pengupahan. Dan memaksakan untuk menetapkan UMK sesuai dengan PP Pengupahan,” pungkasnya.

Ribuan buruh yang sejak siang mendatangi Gedung Sate, yang tergabung dalam Aliansi Buruh Jawa Barat membubarkan diri pada malam hari setelah pengumuman keputusan. Aliansi Buruh Jawa Barat terdiri dari KASBI, SPSI LEM, SPN, FSPMI, dan berbagai serikat buruh lainnya. (idr)

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]