Hari Ini, Serikat-Serikat Buruh Instruksikan Kepung di Gedung Sate

Bandung — Berbagai serikat buruh yang ada di Jawa Barat, telah mengeluarkan instruksi kepada seluruh anggotanya untuk melakukan aksi di depan Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat. Aksi tersebut merupakan bagian dari usaha buruh untuk mengawal penetapan upah minimum kabupaten/kota se Jawa Barat.

Seperti diketahui, bahwa pada tanggal 21 November 2016, adalah batas waktu bagi Pemerintah Provinsi untuk menetapkan UMK. Batas waktu tersebut sesuai dengan surat edaran yang telah dikeluarkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan.

Sebelumnya sempat beredar surat yang ditandatangani oleh ketua dewan pengupahan, yang menyatakan bahwa rapat pleno penetapan UMK akan digelar di markas Kodam III/Siliwangi TNI AD. Namun rencana tersebut urung dilakukan karena mendapatkan protes keras dari kalangan serikat buruh.

Adapun surat instruksi dari serikat buruh untuk melakukan mobilisasi pada hari Senin, 21 November 2016, diantaranya adalah dari Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia, Serikat Pekerja Nasional, Federasi Serikat Pekerja Tekstil-Sandang-Kulit Serikat Pekerja Seluruh Indonesia, Persaudaraan Pekerja Muslim Indonesia, dan berbagai serikat buruh lainnya.

Diperkirakan buruh yang akan menyambangi Gedung Sate akan berjumlah puluhan ribu. Mengingat mobilisasi massa buruh tidak hanya berasal dari wilayah Bandung saja. Buruh dari Bekasi, Cikarang, Karawang, Subang, Purwakarta, dan sekitarnya juga akan datang menuju Gedung Sate.

Rata-rata buruh akan melakukan aksinya mulai pukul 10.00 WIB sampai batas waktu yang belum ditentukan. Mengingat biasanya rapat pleno penetapan UMK akan berlangsung alot, dan buruh juga akan bertahan sampai dewan pengupahan dan pemerintah daerah mengumumkan hasil dari rapat tersebut. (jum)

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]