Ribuan Buruh Karawang Turun ke Jalan, Tuntut Upah Rp 4.124. 820

Karawang – Ribuan buruh di Karawang, Jawa Barat, yang berasal dari berbagai elemen serikat buruh, hari ini melakukan aksi massa. Mereka melakukan aksi di depan kantor Pemerintah Daerah Karawang untuk mengawal penetapan Upah Minimum Kabupaten (UMK) Karawang, yang saat ini masih dibahas oleh dewan pengupahan.

Massa buruh yang melakukan aksi, antara lain dari Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI), Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI), Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI), Persaudaraan Pekerja Muslim Indonesia (PPMI).

Serikat Buruh yang bekerja di sekitar Karawang melakukan konvoi kendaraan menuju pusat kota. Dalam aksi hari ini, buruh menuntut agar pemerintah daerah menetapakan upah tahun 2017 tidak menggunakan Peraturan Pemerintah Nomor 78 tahun 2015 tentang Pengupahan.

Sementara itu, besaran tuntutan buruh untuk besaran UMK Karawang tahun 2017 nanti adalah sebesar Rp 4.124. 820. Angka tersebut bukan tanpa alasan, menurut buruh, angka tersebut merupakan hasil survei kebutuhan hidup layak di berbagai pasar di Karawang, yang dilakukan pada tanggal 10 November 2016 lalu.

Menurut buruh yang melakukan aksi, dalam PP 78 /2015 tentang Pengupahan tersebut, penetapan upahnya hanya mengikuti 2 faktor. Yaitu pertumbuhan ekonomi dan laju tingkat inflasi, artinya pihak dewan pengupahan tidak lagi mempunyai peran dalam perundingan upah. “Hal ini sangat bertentangan dengan UU 13/2003 tentang Ketenagakerjaan,” seru salah seorang orator dari mobil komando.

Selain itu, aksi kali ini buruh membawa pesan unik, dimana ada seorang buruh yang berperan sebagai pocong. Aksi teatrikal tersebut merupakan simbolisasi dari bentuk kekecewaan kaum buruh atas lahirnya PP78 /2015, yang dianggap telah membuat tingkat kenaikan upah buruh menjadi rendah.

Sampai berita ini diturunkan para buruh masih bertahan di depan gedung Pemerintah Daerah (Pemda) Karawang, untuk menunggu hasil rapat dewan pengupahan. (che)

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]