Rapat Pleno Penetapan Upah Minimum Kota Tangerang Ditunda

Banten – Siang tadi, sejumlah serikat buruh yang tergabung dalam Komite Aksi Buruh Tangerang Bergerak (Kabut Bergerak), melakukan aksi di depan kantor Dinas Tenaga Kerja Kota Tangerang. Aksi tersebut terkait dengan rapat pleno dewan pengupahan Kota Tangerang, untuk menetapkan Upah Minimum Kota Tangerang tahun 2017.

Massa aksi buruh dari Kabut Bergerak memulai aksinya dari berbagai kawasan industri di Tangerang. Mereka kemudian berkeliling di kawasan industri dan melanjutkan konvoinya menuju kantor Disnaker Kota Tangerang.

Sekitar 1.000 massa buruh yang berhasil terkonsolidasi di depan kantor Disnaker Kota Tangerang tak membuahkan hasil. Pasalnya rapat pleno yang sedianya digelar, dinyatakan ditunda. “Sampai Disnaker, rapat pleno ditunda. Kami belum mengetahui kenapa ditunda dan kapan akan diadakan kembali rapat pleno tersebut,” ujar Ocid, salah satu peserta aksi kepada Kabar Buruh.

Namun demikian, massa buruh dari Kabut Bergerak menyatakan bahwa esok akan kembali melakukan aksi seperti apa yang dilakukan pada hari ini. Menurut Ocid, aksi buruh akan terus digelar untuk mengawal penetapan UMK Kota Tangerang.

Para buruh dari Kabut Bergerak yang terdiri dari FSBN-KASBI, SPSI-KEP, SBGTS, GSBI, dan beberapa serikat buruh lainnya, menyatakan dengan tegas menolak penetapan UMK Kota Tangerang berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 78/2015 tentang Pengupahan. Mereka juga menyatakan tuntutan kenaikan upah Kota Tangerang sebesar 31% pada tahun 2017.

Sedianya esok, para buruh kembali akan melakukan aksi di Disnaker Kota Tangerang, dengan kekuatan yang tak jauh berbeda. Adapun nilai UMK Kota Tangerang untuk tahun 2016 adalah sebesar Rp. 3.043.950 per bulan. (yud)

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]