Kawasan Industri Kendal Akan Diresmikan Hari Ini, Serap 500 Ribu Tenaga Kerja

Semarang – Hari ini, Presiden Jokowi bersama dengan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, sedianya akan meresmikan Kawasan Industri Kendal (KIK), di Kendal, Jawa Tengah. KIK adalah kawasan industri baru yang dibangun oleh pemerintahan Jokowi, dengan luas area sebesa 2.700 hektare.

Kawasan industri tersebut dibangun dari hasil kerjasama antara PT Jababeka Tbk dengan perusahaan asal Singapura, Sembawang Corporation (Sembcorp). Seperti diwartakan oleh Kompas, menurut Presiden Direktur PT Jababeka Tbk, Budiano Liman, setidaknya KIK akan mampu menyerap 500 ribu tenaga kerja baru.

Ada beberapa tahap yang dilakukan dalam pembangunan KIK. Untuk tahap pertama pembangunan, dilakukan di atas 860 hektar lahan, dan direncanakan akan selesai antara 3 sampai 4 tahun mendatang. Sementara nilai investasi yang dikeluarkan dalam pembanguanan tersebut sebesar Rp. 160 triliun sampai Rp. 200 triliun.

Untuk tahap pertama tersebut, diperkirakan akan menciptakan lapangan kerja sebanyak 500 ribu tenaga kerja, yang akan diprioritaskan penyerapan dari warga di sekitar Kendal. Adapun prosentase kepemilikan saham dari KIK adalah 51 persen untuk PT Jababeka dan 49 persen dari Sembcorp.

KIK sendiri akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang diantaranya adalah listrik, perumahan, kawasan logistik, pusat tenaga kerja, dan ketersediaan tenaga terampil yang dibutuhkan oleh industri. “Dengan fasilitas itu, yakin para pengusaha logistik bisa masuk ke lokasi industri. Nanti kami ciptakan pangsa pasar tersendiri,” ujar Budiono.

Sementara itu, menurut Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto,dalam satu tahun terakhir, telah ada 20 investor yang menanamkan modal di KIK, dengan investasi sebesar Rp 4,3 triliun. Dari 20 perusahaan yang ada, lapangan kerja yang terserap sebanyak 4.000 orang. (gum)

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]