Januari – September 2016, 257 Kasus Kecelakaan Kerja di Jakarta

Jakarta – Kepala BP Jamsostek Kantor Wilayah Jakarta, Endro Sucahyono mengatakan bahwa sejak Januari hingga September 2016, telah terjadi 257 kasus kecelakaan kerja di Jakarta. Dengan rincian 29 kasus cacat per bulan, yang artinya hampir satu kasus cacat setiap harinya dialami pekerja di Provinsi DKI Jakarta.

Untuk menekan kasus cacat dan meninggal pada kecelakaan kerja, pihaknya telah melakukan berbagai langkah antisipasi. Salah satunya adalah dengan menggandeng 57 rumah sakit yang memiliki “trauma center” (TC), 87 klinik/faskes TC dan tujuh pusat pelatihan yang bisa digunakan.

Kerjasama dengan rumah sakit tersebut dimaksudkan untuk memberikan pelayanan yang cepat bagi para korban kecelakaan kerja. “Kita harus bisa memberi pelayanan segera, kepada korban kecelakaan,” ujar Endro, seperti dikutip oleh Antara.

Menurutnya, kecepatan dalam penanganan kecelakaan kerja menjadi sangat penting, karena jika penanganannya terlambat, maka akan beresiko pada cacat atau meninggal. Pihaknya juga memberikan apresiasi kepada rumah sakit, yang memiliki layanan trauma center dan bekerja sama dengan BP Jamsostek.

Sementara itu, Direktur Pelayanan BPJS Ketenagakerjan Evi Afiatin mengatakan kegiatan evaluasi dilakukan untuk mengukur kualitas pelayanan jaminan kecelakaan kerja “return to work” (JKK-RTW) oleh Faskes dan BLKD.

Program JKK-RTW, bertujuan untuk membantu pekerja yang mengalami kecelakaan kerja agar dapat kembali bekerja, dengan kondisi keterbatasan fisik yang diderita. Selain itu, program tersebut juga membantu pekerja mendapatkan pendampingan sejak saat pengobatan di rumah sakit, pemulihan pasca pengobatan dan perawatan hingga pelatihan kerja. (gum)

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]