UMP Bangka Belitung Rp 2.534.673 per Bulan

Bangka Belitung – Provinsi Bangka Belitung (Babel), telah menetapakan upah minimum provinsi (UMP) untuk tahun 2017 sebesar Rp 2.534.673. Penetapan tersebut dilakukan dalam rapat Dewan Pengupahan Provinsi Bangka Belitung, pada hari Senin lalu (24/10/2016).

Menutut Ketua DPD Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Babel, Darusman Aswan, angka tersebut naik dari upah tahun lalu yang sebesar Rp 2,3 juta per bulan. “Rapat penetapan UMP Babel 2017 dihadiri seluruh unsur yang ada di Dewan Pengupahan. Yaitu dari unsur pakar, akademisi, Apindo dan serikat pekerja,” ujarnya.

Setelah penetapan angka yang dilakukan oleh dewan pengupahan, selanjutnya akan diserahkan kepada Gubernur Babel untuk disahkan secara resmi. “UMP 2017 tinggal menunggu dikeluarkan SK oleh gubernur dan tidak akan berubah lagi besarannya,” ungkap Darusman, seperti diberitakan oleh Tribunnews.

Penetapan besaran UMP 2017 itu sendiri, menurut Darusman berdasarkan dari Peraturan Pemerintah No. 78/2015 tentang Pengupahan, dengan rumusan inflasi nasional tambah pertumbuhan ekonomi, yaitu 8.2% x Rp 2.341.500 (upah tahun 2016).

Sementara itu, untuk upah sektoral berdasarkan industrinya, seperti sektor pertambangan, atau perkebunan, nantinya akan dirundingkan lebih lanjut di setiap sektornya. “Yang jelas untuk upah sektoral, nantinya tidak mungkin di bawah UMP yang telah ditetapkan,” jelasnya.

Selanjutnya Darusman menyatakan agar pihak pengusaha di Babel dapat melaksanakan ketetapan tersebut dengan baik. Ia juga berharap agar pemerintah dapat melakukan tugas pengawasannya dengan baik. (jum)

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]