Buruh PT Tirta Sukses Minta TNI Tarik Pasukan Dari Pengawalan Mogok Kerja

Cianjur – Puluhan buruh yang bekerja di PT Tirta Sukses Perkasa, Cianjur – Jawa Barat, mendesak agar TNI tidak ikut serta dalam persoalan hubungan industrial yang sedang mereka hadapi. Sudah selama satu bulan ini, para buruh melakukan aksi mogok kerja, yang merupakan respon atas kasus PHK sepihak yang mereka alami.

Menurut pihak buruh yang tergabung dalam Federasi Perjuangan Buruh Indonesia (FPBI), PHK yang dilakukan oleh perusahaan adalah keputusan sepihak dan melanggar perjanjian bersama. “PHK telah mengingkari perjanjian bersama dan tidak sesuai dengan hukum yang berlaku,” ujar Fajrian, Ketua FPBI Kabupaten Cianjur.

Dalam rilisnya yang diterima oleh Kabar Buruh, pihak perusahaan memobilisasi TNI dan Polisi bersenjatakan lengkap. Gan Gan Solehudin, Divisi Advokasi FPBI menyebutkan bahwa kehadiran TNI dan Polisi bertujuan untuk mengawal perusahaan yang ingin mengeluarkan barang dari perusahaan.

“Kedatangan TNI dan Polisi yang bersenjatakan lengkap, merupakan tindakan menghalang-halangi buruh yang sedang melakukan mogok kerja secara sah. Dan secara tidak langsung mengintimidasi buruh,” ujar Solehudin.

Menurutnya, seharusnya TNI dan Polisi yang bersenjatakan lengkap, tidak melakukan intervensi, karena ini bukan tugas mereka. Pihaknya menyatakan akan melaporkan hal ini kepada lembaga yang berada di atas instansi mereka.

Beberapa aktivis buruh, secara terbuka telah mengirimkan protes yang ditujukan kepada Komandan Batalyon Artileri Medan 05/105 Tarik. Dalam protesnya, aktivis buruh menyatakan bahwa aksi mogok kerja yang dilakukan oleh buruh, bukanlah sebuah ancaman bagi Negara, sehingga pihak TNI dirasa tak perlu untuk menggelar pasukan di perusahaan tersebut. (gum)

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]

  • anton

    kabarburuh.com sering tidak bisa diakses,, malah yg muncul perintah download, tolong diperbaiki proteksinya