Besok, Serentak Aksi Buruh di 20 Provinsi, Tuntut Cabut PP Pengupahan

Jakarta – Besok, Kamis 29 September 2016, ribuan buruh secara serentak akan menggelar aksi di 20 provinsi di Indonesia. Mereka akan mengusung isu pencabutan PP No. 78 tahun 2015 tentang Pengupahan, tuntutan kenaikan upah 2017 sebesar 650 ribu, serta pencabutan UU Pengampunan Pajak (Tax Amnesty).

Untuk di wilayah Jakarta, Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), akan memobilisasi sekitar 20 ribu anggotanya. Mereka akan memulai aksinya di depan kantor Balaikota DKI Jakarta sejak pagi hari, dan dilanjutkan longmarch menuju Mahkamah Konstitusi dan Istana Negara.

Pihak kepolisian dari Polda Metro Jaya, yang telah menerima laporan aksi tersebut, menyatakan telah siap untuk mengamankan unjuk rasa buruh. Dikutip dari laman FSPMI, Wakapolda Metro Jaya Brigjen Suntana menyatakan komitmennya untuk mengamankan aksi. “Sekitar 5.000 sampai 6.000 ribu personel telah disiapkan,” ujarnya.

Sementara itu, di Jawa Tengah, Dewan Pimpinan Wilayah Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Jawa Tengah, yang juga merupakan federasi anggota dari KSPI akan menyasar kantor Gubernur Jawa Tengah.

Adapun FSPMI Jawa Timur, telah menyiapkan 5.000 anggotanya untuk mengepung Gedung Grahadi, yang merupakan kantor Gubernur Jawa Timur.

Buruh mendesak pencabutan PP Pengupahan, karena dinilai bertentangan dengan aturan yang lebih tinggi yaitu UU No. 13 tahun 2013 tentang Ketenagakerjaan, UU No. 21 tahun 2000 tentang Serikat Pekerja/Buruh dan Konvensi ILO No. 87 tentang kebebasan berserikat dan sesuai Rekomendasi Panja Upah DPR.

Sementara dasar untuk tuntutan kenaikan upah sebesar 650 ribu secara nasional, dilandasi dari data International Labour Organization yang menyebutkan upah rata-rata buruh di Indonesia lebih rendah dari negara-negara ASEAN, seperti Vietnam, Malaysia, Thailand dan Filipina. (gum)

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]