Sidang Umum FSBN-KASBI Tegaskan Perlawanan Terhadap Kapitalisme

Tangerang – Federasi Serikat Buruh Nusantara-Konfederasi Aliansi Serikat Buruh Indonesia (FSBN-KASBI), pada 28 agustus 2016 kemarin melaksanakan sidang umum organisasinya yang ke-6. Acara yang di selenggarakan di GOR Jatiuwung Tangerang tersebut, merupakan forum tertinggi pengambil keputusan FSBN-KASBI.

Dalam forum itu, juga menjadi ajang untuk memperkuat soliditas dan solidaritas anggota FSBN-KASB serta menegaskan pokok-pokok perjuangan. Sidang umum yang dihadiri sekitar 400 peserta delegasi dibuka dengan pidato ketua umum FSBN-KASBI periode 2013-2016, Maman Nuriman.

Dalam pidato yang disampaikannya, Maman menekankan posisi FSBN dalam perjuangan buruh di Banten dan Indonesia dalam menghadapi penghisapan kapitalisme. ”Kita akan terus berjuang sekuatnya untuk melawan kapitalisme, sekaligus merebut kesejahteraan bagi kaum buruh dan rakyat Indonesia”, tegas Maman.

Selanjutnya Ketua Umum KASBI Nining Elitos yang juga turut hadir, mengatakan bahwa FSBN sebagai serikat buruh anggota KASBI, diharapkan dapat terus menjadi pelopor perjuangan kaum buruh di wilayah Banten. “FSBN harus menjadi pelopor bagi gerakan buruh di Banten,” ujar Nining.

Proses sidang umum berlangsung lancar dan secara terbuka dan demokratis memilih Burhanuddin dan Sobirin sebagai Ketua Umum dan Sekretaris Umum FSBN-KASBI untuk periode 2016-2020.

Acara sidang umun ditutup dengan Panggung Budaya Buruh yang menampilkan musikalisasi teater dari anggota FSBN. Teater yang diberi nama Lorong Pabrik ini menghadirkan cerita tentang penderitaan kaum buruh.

Pentas juga menampilkan band musik dari pabrik-pabrik anggota FSBN dan stand-up comedy oleh Sadim, buruh Tangerang. Panggung budaya buruh ditutup oleh hentakan musik perlawanan dari band Marjinal. (jum)

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Alfa Gumilang

Alfa Gumilang

Redaksi kabarburuh.com dan aktif di Komunitas Kretek.