Jutaan Buruh di India Kembali Lakukan Mogok Nasional

India — Kondisi kehidupan kaum buruh yang semakin sulit tidak hanya terjadi di Indonesia. Situasi serupa juga terjadi di India. Kebijakan perburuhan yang tidak berpihak pada buruh dan rakyat telah membulatkan tekad kaum buruh di seluruh India untuk melakukan mogok nasional yang akan diselenggarakan pada tanggal 2 September 2016.

Gerakan mogok nasional buruh India ini mengusung 12 butir tuntutan yang pada intinya berisi mengenai kebijakan kenaikan upah minimum, penghapusan sistem kontrak, kebijakan jaminan sosial dan pensiun bagi seluruh pekerja, perlindungan hukum bagi seluruh buruh serta penolakan investasi asing (Foreign Direct Investment) pada sektor industri strategis India.

Dalam mogok nasional yang diikuti hampir seluruh serikat buruh besar di India, diperkirakan lebih dari 150 juta buruh akan terlibat langsung dalam mogok nasional kali ini.

Serikat buruh India menyatakan bahwa mogok nasional ini akan lebih besar dan masif dibanding mogok nasional sebelumnya karena BMS (Bharatiya Mazdoor Sangh), serikat buruh terbesar India, juga tergabung dalam aksi mogok nasional kali ini.

Menanggapi rencana mogok nasional ini, Perdana Menteri India, Narendra Modi, telah mengadakan pertemuan darurat dari Menteri Keuangan Arun Jaitley, Menteri Tenaga Kerja Bandaru Dattatreya dan Menteri Energi Piyush Goyal.

Pertemuan untuk menyiapkan strategi menghadapi pemogokan massal karena akan berdampak pada tidak beroperasinya bank, pabrik dan kantor-kantor pemerintah di seluruh negeri.

Sementara itu, Konfederasi KASBI dalam pernyataan pers yang diterima kabarburuh.com menyatakan dukungan dan solidaritas bagi perjuangan mogok nasional buruh India.

“Sebagai serikat buruh yang memiliki pokok perjuangan solidaritas internasional, KASBI mendukung penuh mogok nasional di india. Apa yang disuarakan buruh India secara prinsip sama dengan suara buruh Indonesia karena memang di seluruh dunia kaum buruh sedang berhadapan dengan kebijakan rakus neoliberalisme.” ujar Simon, Departemen Hubungan Internasional KASBI. (gum)

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]