Upah Buruh Harian Lepas Pemkot Mataram, Terancam Tak Terbayar

Mataram — Upah ratusan buruh harian lepas di Dinas Pekerjaan Umum Kota Mataram, terancam tidak dibayarkan. Hal itu disebabkan adanya penundaan pencairan Dana Alokasi Umum (DAU) selama empat bulan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Mataram H Mahmuddin Tura, mengatakan jika sampai saat ini dirinya masih ‘galau’ terkait gaji buruh harian lepas atau pasukan biru. Karena sampai saat ini belum ada kejelasan terhadap solusi dari penundaan pencairan DAU tersebut.

“Gaji pasukan biru sebanyak 315 orang itu bersumber dari DAU, dengan ketentuan satu orang mendapatkan Rp1.250.000 per bulan. Jika dikalkulasikan pembayaran gaji 315 orang selama satu bulan dan dikalikan empat bulan, maka dibutuhkan dana sekitar Rp1,5 miliar.” tambahnya.

Dinas Pekerjaan Umum Kota Mataram sendiri saat ini memiliki DAU sebesar Rp56 miliar. Dana itu termasuk untuk membayar gaji buruh. Sementara sisanya untuk membiayai proyek-proyek yang sudah hampir rampung, karena sebagian besar kegitan proyek di DPU anggarannya bersumber dari dana alokasi khusus (DAK).

Mahmudin berharap pemerintah kota bisa segera mendapatkan solusi terhadap penundaan DAU agar pembayaran gaji buruh tidak tertunda. Ia membayangkan seandainya buruh tidak mendapatkan gajinya dan mereka tidak bekerja, sampah disaluran akan menumpuk sehingga terjadi penyumbatan aliran drainase yang dapat meluap ke jalan.

Berbeda denga buruh harian lepas di Dinas Pekerjaan Umum. Buruh dari Dinas Pertamanan dan Dinas Kebersihan tidak mengalami penundaaan pembayaran upah.

Seperti diwartakan oleh Antara, Kepala Dinas Kebersihan Kota Mataram, Dedy menyampaikan bahwa gaji sebanyak 649 orang buruh sapu atau pasukan kuning di dinasnya bersumber dari APBD Kota Mataram.

Hal senada juga disampaikan Kepala Dinas Pertamanan Kota Mataram HM Kemal Islam, yang menyatakan bahwa gaji buruhnya bersumber dari APBD Kota Mataram. (yud)

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]