Tak Memberikan ‘Like’ Pada Statusnya, Bos Agen Perjalanan di Tiongkok Denda Karyawannya

Tiongkok – Pemilik sebuah perusahaan agen perjalanan di Tiongkok, baru-baru ini membuat satu tindakan hukuman berupa denda kepada karyawannya yang tidak memberikan like pada statusnya di media sosial. Zhang Ming, memberikan denda sebesar 50 yuan atau sekitar 100 ribu rupiah kepada 200 karyawannya, yang tidak merespon statusnya di media sosial.

Status Zhang Ming di media sosial buatan Tiongkok microblogging Weibo (seperti Facebook), berisikan tentang kalimat motivasi yang bertujuan untuk meningkatkan etos kerja para karyawannya.

Namun tindakan tersebut kemudian dikritik oleh netizen (sebutan untuk pengguna media sosial), yang memberikan komentar lebih dari 4.000 atas tindakannya tersebut. Bahkan diantara komentar pada pengguna media sosial, ada juga yang mengatakan akan memberitahukan kepada rekan-rekan dan keluarganya untuk tidak menggunakan agen perjalanan itu.

Tak hanya kritik dari masyarakat, tindakan memberikan denda tersebut juga mendapatkan protes keras dari para karyawannya. Para karyawan menilai bahwa tindakan ini adalah bentuk kesewenang-wenang dan tidak sesuai dengan aturan ketenagakerjaan yang berlaku.

Seperti dilansir oleh BBC, pada Jumat (19/8/2016), tindakan dari pemilik perusahaan itu bukanlah pertama kalinya. Bahkan ia pernah menjatuhkan denda kepada karyawan karena tidak membawa tas yang menampilkan logo perusahaan.

Atas kritik dari masyarakat dan karyawannya, Zhang Ming menanggapi dengan menulis di media sosial, bahwa yang mengkritik dirinya tak memahami budaya perusahaan yang ia pimpin. “Tentu saja orang tidak senang didenda, namun bisnis bergantung pada staf untuk melakukan promosi demi memacu pertumbuhan,” ujarnya melalui media sosial. (man)

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]