Mahasiswa Malang Galang Solidaritas, Dukung Mogok Buruh Transportasi

Malang – Puluhan mahasiswa dan pemuda di Malang, kemarin (11/8/2016), melakukan aksi solidaritas untuk mendukung perjuangan buruh transportasi (sopir) PT. Serasi Logistik yang melakukan mogok kerja. Aksi yang berlangsung sekitar 1 jam sejak pukul 10.30 WIB, di depan kampus Universitas Muhammadiyah Malang.

Dukungan para mahasiswa ini diberikan kepada para sopir yang tergabung dalam Federasi Buruh Transportasi Pelabuhan Indonesia (FBTPI), karena buruknya kondisi kerja, akibat tidak patuhnya para pengusaha angkutan terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Solidaritas tersebut ditunjukkan oleh para mahasiswa, agar berbagai persoalan yang menimpa para sopir itu dapat segera berakhir. Dalam aksi solidaritas itu juga diwarnai dengan penggalangan dana yang nantinya akan diberikan kepada para sopir sebagai dana perjuangan mereka selama melakukan pemogokan.

Aksi damai yang berlangsung ini berlangsung dengan lancar. Para mahasiswa sambil membagikan selebaran kepada para pengguna jalan, mereka juga melakukan orasi mengecam tindakan para pengusaha angkutan yang seringkali menindas para sopir.

Selain itu mereka juga membentangkan poster tuntutan, yang diantaranya adalah tuntutan pengangkatan seluruh buruh transportasi menjadi buruh tetap, menetetapkan waktu kerja yang jelas, memberikan kenaikan uang jalan, memberikan upah lembur dan hak libur, dan memberikan hak pesangon untuk buruh transportasi yang di PHK.

Menurut Zulkifli, humas dalam aksi ini, bahwa seluruh buruh transportasi juga memiliki hak yang sama dengan buruh lainya yang diatur dalam undang-undang ketenagakerjaan. “Kami sebagai para mahasiswa merasa terketuk untuk memberikan dukungan kepada para sopir yang berjuang, karena kami tahu bahwa perjuangan mereka dilakukan demi kesejahteraan seluruh buruh transportasi,” ujarnya.

Bahkan para mahasiswa ini siap untuk bersolidaritas secara langsung kepada pemogokan para buruh transportasi jika sewaktu-waktu dibutuhkan. “Kami siap bergabung dengan para buruh transportasi yang sedang mogok di PT Serasi Logistik, kapanpun mereka meminta kepada kami,” tegas Zulkifli.

Para mahasiswa juga menyerukan kepada seluruh buruh untuk bersama-sama membangun sebuah wadah persatuan yang besar dan melibatkan semua sektor, agar kekuatan buruh semakin besar dan mampu untuk mewujudkan cita-cita masyarakat adil makmur secara merata. (jum)

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]