Kesaksian Polisi: Aksi Terdakwa 26 Aktivis Berlangsung Damai

Jakarta – Sidang terhadap 26 aktivis dari buruh, mahasiswa dan dari pekerja bantuan hukum LBH Jakarta, digelar siang tadi (20/6/2016) di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Dalam sidang tersebut, majelis hakim menghadirkan saksi dari pihak kepolisian.

Dalam sidang tersebut, tiga orang saksi dari kepolisian mengatakan bahwa tidak ada kekerasan dan aksi buruh berlangsung dengan damai. Ketiga saksi dari kepolisian tersebut adalah Hendro Pandowo (mantan Kapolres Jakpus), Sarimin, Kaur II Investigasi Polres Jakpus, dan Saerah dari Kanit Provos Polres Jakpus.

“Tiga saksi yang dihadirkan semuanya menerangkan aksi buruh berjalan damai,” ujar Agung yang merupakan pengacara dari LBH FSPMI.

Melalui siaran pers dari Gerakan Buruh Indonesia (GBI), keterangan saksi atas nama Saerah mengatakan bahwa sejak pukul 18.00 s/d 23.30 WIB dirinya bersama-sama dengan Hendro Pandowo yang saat itu menjabat sebagai Kapolres Jakarta Pusat berada di depan Istana Negara. Adapun Hendro Pradowo adalah pihak yang menjadi pelapor atas peristiwa tersebut.

Saeran juga menerangkan hanya ada dorongan-dorongan antara massa aksi dan Polisi sesaat setelah gas air mata ditembakkan. Namun hal tersebut dibantah oleh pihak pengacara buruh, yang dalam pemutaran video suasan aksi di depan Istana sesaat setelah polisi menembakkan gas air mata.

Dalam video tersebut tergambarkan bahwa yang terjadi adalah penangkapan disertai tindak kekerasan dan pengrusakan oleh polisi berbaju Turn Back Crime terhadap buruh dan mobil komando.

Pada 30 Oktober 2015, sekitar 10 ribu buruh dari Gerakan Buruh Indonesia menggelar aksi damai di depan istana menolak PP Pengupahan. Namun, kepolisian Polda Metro Jaya membubarkan paksa aksi damai itu dan melakukan pengangkapan terharap 26 aktivis. (gum)

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]